Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Pukul Empat

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Pukul Empat – Bunga Pukul Empat atau bernama latin, Mirabilis jalapan, adalah salah satu tanaman hias populer di Indonesia.

Bunga Pukul Empat mudah dijumpai di sekitar rumah atau di halaman rumah dengan warna bunga yang cerah.

Ciri khas utama yang menjadikan Bunga Pukul Empat mudah dikenali adalah ia hanya mekar di sore hari. Tepatnya pada pukul empat sore.

Jika dipetik bunganya, maka terdapt tetesan embun yang airnya berasa manis.

Dalam bahasa Inggris, Bunga Pukul Empat juga dikenal dengan Four o’ clock Flower. Warna – warna cerah seperti merah muda, putih, ungu dan kuning selalu menjadi penghias halaman rumah yang menawan.

Klasifikasi Bunga Pukul Empat

Famili: Nyctaginaceae

Genus: Mirabilis

Spesies: Mirabilis jalapa L

Morfologi Bunga Pukul Empat

Kembang yang mekar setiap jam empat sore ini memiliki ciri – ciri khusus yang mudah dikenali. Berikut di antaranya:

Morfologi bunga pukul empat

Pada bagian bunga, berwarna merah, putih, merah muda, kuning dan lainnya. Perbedaan warna ini berasal dari gen warna merah dan putih yang jika disilangkan bisa menciptakan bunga berwarna baru seperti merah muda.

Morfologi buah Bunga Pukul Empat

Sedangkan pada bagian buah, terdapat warna hitam keras dengan bentuk bulat. Jika ditumbuk, bisa menjadi bedak.

Morfologi umbi Bunga Pukul Empat

Tanaman Bunga Pukul Empat juga terdapat umbi yang berwarna cokelat kehitaman dan isi warna putih. Bentuk bulat panjang berukuran 7 sampai 9 cm dengan diameter sekitar 3 cm.

Morfologi batang Bunga Pukul Empat

Pada bagian batang, terdapat  kelembapan yang tinggi hingga basah jika diraba. Tinggi batang bisa mencapai 30 sampai 80 cm.

Morfologi daun Bunga Pukul Empat

Daun Bunga Pukul Empat bentuknya serupa hati atau waru yang berwarna hijau. Ukuran panjang daun sekitar 3 sampai 11 cm, dengan lebar 7 cm. Pangkal daun membulat dengan ujung runcing serta tepi yang rata. Pada tangkai daun, panjang 5 cm. Berbunga mirip seperti bentuk terompet.

Manfaat Bunga Pukul Empat

Bunga Pukul Empat berkhasiat obat karena mengandung zat beta axanthis. Zat asam lemak dan asam minyak ini bisa menjadi obat pelancar air seni atau diuretik serta melancarkan sirkulasi peredaran darah.

Manfaat lain dari Bunga Pukul Empat yaitu:

  • Mengobati radang amandel
  • Mengobati radang tenggorokan
  • Mengobati batuk berdarah
  • Mengobati batu ginjal dan batu empedu serta kencing manis.

Cara mengolah Bunga Pukul Empat:

  • Bunga Pukul Empat direbus bersama sama dengan kulit delima kering, atau lidah buaya. Lalu disaring dan diminum 3 x sehari.

Manfaat bagi wanita

Wanita bisa memanfaatkan khasiat anti septic untuk membersihkan organ kewanitaan dan mengatasi masalah keputihan atau bau tidak sedap.

Caranya cukup merebus segenggam bunga pukul empat. Lalu tambahkan kulit delima kering atau lidah buaya. Air rebusan ini kemudian disaring, dan diminum secara teratur.

Meski mengandung khasiat obat. Tetapi, wanita hamil tidak disarankan untuk minum air rebusan bunga pukul empat karena dapat menyebabkan kontraksi atau sakit perut.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menanam bunga pukul empat di halaman rumah? Selain bunga atau kelopak bunganya, bagian biji bunga pukul empat juga bisa menjadi bedak dingin yang menghaluskan kulit wajah.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme