Siapakah yang layak memimpin DKI Jakarta 2017-2022?

View Results

Loading ... Loading ...

Klasifikasi, Ciri-Ciri Dan Contoh Protista Mirip Tumbuhan

Klasifikasi, Ciri-Ciri Dan Contoh Protista Mirip Tumbuhan – Di dunia ini tentunya terdiri dari berbagai makhluk hidup.

Ada manusia, hewan hingga tumbuhan. Dimana semua jenis makhluk hidup tersebut tentunya memiliki klasifikasi dan ciri masing-masing.

Sehingga pertumbuhan dan perkembangbiakan mereka juga memiliki kekhasan masing-masing. Sesuatu yang tentunya tidak bisa ditiru antara satu makhluk hidup dengan satu makhluk hidup yang lain.

Namun ternyata ada satu jenis makhluk hidup yang menjadi anomali diantara sekian banyak jenis makhluk hidup tersebut.

Hal tersebut tidak lepas karena jenis makhluk yang ini tidak tergabung dalam jenis makhluk hidup seperti manusia, hewan maupun tumbuhan. Dimana jenis makhluk hidup ini memiliki julukan sendiri yaitu Protista.

Tentu bagi banyak orang awam makhluk hidup dengan jenis Protista masih asing di telinga. Untuk itulah perlu dilakukan pengenalan lebih jauh untuk bisa mengetahui tentang seluk beluk dari Protista.

Salah satunya dengan cara mengetahui klasifikasi, ciri-ciri dan contohnya. Sehingga berikut ini akan dijelaskan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh protista Mirip Tumbuhan:

Klasifikasi Protista Mirip Tumbuhan

Yang perlu diketahui pertama tentang Protista adalah bahwa mikroogranisme ini biasanya hidup dalam tempat yang penuh air.

Sehingga sudah bisa dipastikan makhluk hidup ini tidak bisa bertahan terlalu lama di tempat yang kering. Selain itu sebenarnuya Protista yang ada di dunia bukan hanya menyerupai tumbuhan.

Yang dalam arti kata lain adalah masih ada Protista yang menyerupai bentuk makhluk hidup lainnya. Salah satunya adalah Protista yang bentuknya hampir menyerupai hewan.

Namun untuk yang kali ini memang yang akan dibahas adalah Protista yang menyerupai tumbuhan atau mirip dengan tumbuhan. Sedangkan klasifikasi protista mirip tumbuhan adalah Alga.

Ciri-Ciri Protista Mirip Tumbuhan

  • Terdapat Klorofil

Ciri pertama yang dimiliki oleh Protista yang menyerupai tumbuhan adalah bahwa mikroorganisme ini memiliki klorofil di dalam tubunya.

Padahal seperti yang diketahui bahwa klorofil biasanya hanya terdapat pada tumbuhan. Sehingga hal ini semakin mempertegas kenyataan bahwa Protista ini memiliki kemiripan yang tinggi dengan tumbuhan.

  • Hidup Melayang di atas Air

Ciri kedua yang dimiliki oleh Protista yang menyerupai tumbuhan adalah bahwa hidup mereka yang bisa dibilang cukup unik.

Hal tersebut tidak lepas karena protista yang mirip tumbuhan hidup dengan cara melayang di atas air.

Yang dalam arti kata lain adalah makhluk hidup jenis ini tidak bisa hidup dengan menetap di salah satu tempat. Selain itu air yang menjadi tempat hidup dari Protista bisa di air laut hingga di air tawar.

Sehingga bisa dibilang, protista tidak tergantung pada satu jenis air saja untuk bisa hidup maupun untuk berkembang biak.

  • Hanya Memiliki Satu Sel

Sangat jarang sekali, jenis makhluk hidup yang hanya memiliki satu sel untuk bisa bertahan hidup.

Namun pengecualian memang pantas diberikan kepada Protista jenis ini. Dimana Protista ini bukan hanya memiliki satu sel untuk bisa hidup namun juga sekaligus menjadikan hal tersesbut sebagai ciri-cirinya.

  • Dinding Penyimpanan

Ciri terakhir yang dimiliki oleh protista jenis ini adalah bahwa mereka memiliki tempat penyimpanan khusus untuk makanan mereka.

Dimana makanan mereka akan disimpan di sebuah dinding khusus. Yaitu dinding yang menempel pada organ dan biasanya berbentuk bulat.

Contoh Protista Mirip Tumbuhan

  • Alga Hijau
  • Alga Merah
  • Alga Keemasan
  • Heterokontophyta

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme