Keuntungan dan Kerugian Sistem Vertikultur   

Keuntungan dan Kerugian Sistem Vertikultur – Kebutuhan manusia akan lahan untuk bercocok tanam di wilayah dengan lahan yang sempit merupakan ide awal dari terciptanya system vertikultur.

Vertikultur merupakan teknik dalam bertanam, yang dilakukan dengan menempatkan media tanam dalm suatu wadah-wadah yang disusun secara vertical.

Vertikultur biasanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang tinggal di kota  atau di wilayah pemukiman padat dimana orang yang tinggal di Kota kebanyakan memiliki lahan yang sempit untuk berbudidaya tanaman.

Baca Juga : Cara Budidaya dan Menanam Tomat Dengan Cara Suspend Pot

Ada beberapa keunggulan dari system vertikultur yaitu sebagai berikut ini :

  1. Portabel yaitu apabila ditanam dengan wadah pot atau lain selainnya tanaman akan dengan mudah dipindahkan ke tempat lainnya. Syaratnya kebutuhan cahaya matahari, kelembapan udara dan temperature yang sesuai dapat terpenuhi.
  2. Lebih efisien. Sistem vertikultur lebih efisien karena system vertikultur memungkinkan tanaman dibuat secara bersusun
  3. Sistem vertikultur dapat mengurangi penyiangan karena penanaman secara vertical mengurangi tumbuhnya gulma
  4. Dengan menggunakan system vertikultur akan menghemat penggunaan pupuk karena pupuk diberikan pada struktur wadah yang terbatas sehingga tidak mudah terurai oleh hujan.
  5. Dengan menggunakan system vertikultur, selain dapat menghemat pupuk juga dapat menghemat penggunaan pestisida karena media tanam dapat menggunakan media steril. Tanaman yang dihasilkan khususnya apabila menanam sayuran atau buah-buahan maka jauh lebih sehat dan alami karena terbebas dari pertisida sehingga dapat langsung di konsumsi. Selain itu, apabila menanam sayuran menggunakan teknik vertikultur maka jauh lebih memiliki nilai jual yang tinggi karena terbebas dari pestisida.
  6. Dengan menggunakan system vertikultur, kuantitas dan kualitas produk lebih tinggi dibandingkan dengan system tanam biasa.
  7. Dengan system vertikultur maka kerusakan tanaman karena hujan dapat berkurang apabila tempat tanaman yang ditanam menggunakan system vertikultur diberikan atap.
  8. Apabila tanaman dengan system vertikultur di tanam di ruangan tertutup misalnya di rumah kaca maka akan menghemat penyiraman karena dapat mengurangi penguapan air
  9. Nilai keindahan dan estetika system vertikultur jauh lebih baik ketimbang dengan system konvensional.
  10. Dengan system vertikultur perawatan tanaman jauh lebih mudah karena tanaman dikelompokan dalam satu lokasi.
  11. System vertikultur dapat mudah dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang disesuaikan dengan bahan yang tersedia. Sistem vertikultur dapat menggunakan bahan bekas atau yang sudah tidak dipakai misalnya pipa paralon bekas, talang air, kayu, bamboo, botol air mineral bekas dan lain sebagainya.
  12. Dengan menggunakan system vertikultur dapat mendatangkan keuntungan ekonomis yang tinggi karena investasi bangunan untuk vertikultur dan media tanam dapat dipakai lebih dari satu kali penanaman.

Namun disatu sisi, ada beberapa kelemahan dari system vertikultur yaitu sebagai berikut ini :

  1. Investasi awal untuk system vertikultur cukup besar karena untuk membuat rumah kaca dan instalansi vertikultur
  2. Perawatan system vertikultur lebih intensif dan tingkat kesulitannya lebih banyak karena harus menyesuaikan dengan kondisi tanaman yang bersusun
  3. Untuk memindahkan tanaman dengan system vertikultur harus dengan kehati-hatian, tapi seringnya tanaman menjadi rusak saat dipindahkan yaitu tanaman patah atau bisa juga tanaman yang sedang berbunga menjadi rontok saat dipindahkan karena kurang hati-hati.
  4. Sistem vertikultur lebih rawan terserang oleh penyakit tanaman. Namun hal ini bisa diatasi dengan teknik budidaya tanaman dengan system vertikultur yang tepat.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan dan kelemahan dari system vertikultur, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Baca Juga : Persiapan Sebelum Bertanam Tabulampot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    agen bola
  1. agen bola