BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Karakteristik Serangan Hama Pada Tanaman

Karakteristik Serangan Hama Pada TanamanAgroteknologi.web.id – Salah satu hal yang paling ditakuti para petani adalah hama yang menyerang tanaman mereka.

Dimana serangan hama ini akan sangat menganggu pertumbuhan dan juga perkembangan dari tanaman itu sendiri.

Sesuatu yang tentunya sangat merugikan bagi para petani. Dimana tentunya para petani mengharapkan hasil yang baik dan juga tinggi dari tanam yang mereka tanam.

Hama yang menyerang tanaman sendiri bukan hanya terdiri dari satu jenis saja. Karena biasanya hama yang menyerang tanaman memiliki berbagai jenis.

Baca Juga :

Sesuatu yang tentunya harus diketahui maupun dipahami oleh para petani. Karena dengan lebih mengetahui tentang karakteristik serangan dari hama tersebut maka akan lebih mengetahui tentang cara mengatasinya.

Untuk itulah berikut ini akan dijelaskan karakteristik serangan hama pada tanaman:

Hama Ulat

Hal yang perlu diketahui pertama dalah hama ulat. Bagi kaum petani tentunya hama ulat bukanlah sesuatu yang baru hal lagi. Hal tersebut tentunya bisa terjadi bukanya tanpa alasan.

Alasan utamanya adalah karena hama ulat seringkali ditemukan di berbagai jenis tanaman yang ditanam oleh para petani. Hama ulat sendiri memang sudah menjadi semacam momok tersendiri bagi para petani.

Untuk itulah berikut ini akan dijelaskan karakteristik dari hama ulat. Dimana hama ulat biasanya terdiri dari dua jenis yaitu:

  • Ulat Grayak

Ulat Grayak dikenal karena membuat daun tanaman yang disrangnya menjadi bolong-bolong. Sehingga membuat kualitas dari tanaman itu secara keseluruhan menjadi tidak bagus.

  • Ulat Helicoverpa

Biasanya ulat jenis akan membuat daun menjadi rusak dan berwarna kecoklatan. Sesuatu yang tentunya membuat pertumbuhan daun tanaman menjadi tidak baik.

  • Pola Serangan:

Dimana pola serangan yang dilakukan oleh hama Ulat akan terjadi Matahari sedang teduh.

Atau biasanya dilakukan ketika menjelang sore hari. Pada waktu tersebutlah, ulat akan keluar dari mulai mengigit daun tanaman.

Sehingga pada waktu ini, diharapkan para petani untuk lebih berwaspada terhadap serangan dari ulat.

Karena apabila dibiarkan begitu saja tentunya akan sangat merugikan bagi tanaman yang telah ditanam. Karena akan menghasilkan hasil panen yang tidak maksimal.

Hama Lalat

Yang kedua adalah hama Lalat. Dimana biasanya hama lalat ini akan menyerang buah dari tanaman. Sehingga membuat buah yang diserang akan menjadi berlubang bahkan rontok dari tanaman.

Tentu ini akan sangat merugikan bagi para petani sehingga patut untuk bisa dihindari.

  • Pola Serangam

Tak ubahnya hama Ulat Daun maka Hama Lalat tentunya juga memiliki pola serangan. Dimana biasanya pola serangan ini terjadi ketika cuaca sudah mulai kering atau siang.

Yaitu ketika embun pagi sudah mulai hilang. Di momen inilah, lalat akan datang dan mulai menyerang tanaman yang diincarnya.

Selain itu yang perlu diwaspadai adalah bahwa lalat adalah jenis hama yang mudah sekali berpindah karena kemampuan terbangnya. Sehingga mudah sekali untuk menyebarkan hama tersebut.

Hama Kutu Daun

Hama selanjutnya yang patut diwaspadai oleh para petani adalah hama kutu daun. Dimana hama kutu daun ini tidak kalah berbahayanya.

Karena hama kutu daun akan menyerap nutrisi dari daun. Sehingga membuat daun dari tanaman tersebut akan menjadi kering bahkan membusuk. Sesuatu yang tentunya harus dihindari oleh para petani.

  • Pola Serangan

Pola serangan yang dilakukan oleh Hama Kutu Daun adalah menggigit daun tanaman yang diincar.

Bukan hanya itu saja dalam gigitan tersebut juga membawa virus-virus lain yang berbahaya bagi tanaman.

Loading...

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    google indonesia
  1. google indonesia
  2. dominoq online
  3. Agen Domino Online, mudah dimainkan, ayo gabung sekarang juga!