Kandungan dan Manfaat Tanaman Putri Malu

Kandungan dan Manfaat Tanaman Putri Malu – Tanaman putri malu atau yang dikenal dengan mimosa pudica merupakan suatu jenis tanaman liar yang termasuk kedalam tanaman penutup tanah dan bisa berkembangbiak dengan sangat cepat.

Putri malu hidup liar dimana saja, tanpa membutuhkan perawatan yang khusus dari manusia seperti pemupukan dan penyiraman selain itu biasanya putri malu tumbuh baik diatas permukaan tanah yang luas baik ditanah yang lembab atau tanah yang gersang kemudian dapat tumbuh diperkebunan, diladang, disekitar perkarangan rumah, dan pada tempat-tempat lainnya dilingkungan sekitar.

kandungan-putri-malu

Kandungan Tanaman Putri Malu

Tanaman putri malu mengandung zat tanin, asam pipekolinat, mimosin, yang dapat digunakan menjaga kesehatan. Tanin  sering digunakan sebagai obat anti inflamasi atau peradangan dan juga keputihan.

Selain itu juga bisa berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan atau melangsingkan tubuh.

Selanjutnya zat mimosin yang ada pada tanaman putri malu mengandung zat – zat kimia aktif yang bermanfaat bagi tubuh seperti nitrogen, oksigen, hidrogen, sulfur dan karbon.

Manfaat Tanaman Putri Malu

Putri malu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia seperti dapat mencegah terjadinya pengikisan pada tanah oleh air hujan yang dikenal dengan sebutan erosi karena putri malu merupakan tanaman yang memiliki akar yang sangat kuat sehingga mampu menahan air dan selain itu putri malu juga bisa gunakan sebagai pengobatan bagi manusia.

  • Sebagai Obat

Tanaman putri malu mempunyai khasiat cukup yang baik dalam penyembuhan berbagai macam penyakit.

Mulai daun sampai ke akarnya, tanaman putri malu ini bermanfaat sebagai penenang atau transquilizer, sebagai ekspektoran atau peluruh dahak, sebagai diuretic atau peluruh air seni, anti tusif yang biasa dikenal dengan anti batuk, sebagai penurun panas atau anti piretik dan sebagai anti inflamasi atau anti radang.

Sebuah penelitian yang telah dilakukan di Amerika Serikat dan menurut para ahli pengobatan Cina yang ada di Indonesia menyebutkan bahwa putri malu bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit lain seperti kencing batu, radang mata akut, panas yang tinggi pada anak-anak, imsonia, cacingan, radang saluran napas atau bronchitis, serta herpes.

Cara yang digunakan dalam mengambil manfaat dari tanaman putri malu ini dengan meminum air rebusan akar tanaman putri malu dan juga dapat digunakan sebagai obat luar.

Hanya saja untuk pemakaian akar putri malu dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya keracunan serta muntah-muntah. Terutama bagi ibu hamil, dilakarang untuk meminum ramuan ini karena beresiko bagi kesehatan janin.

  • Mencegah terjadinya erosi

Tanaman puti malu dapat mencegah terjadinya erosi. Bagian tanaman putri malu yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi adalah pada bagian akarnya.

Putri malu memiliki akar jenis pena dan ini adalah salah satu akar yang tergolong sangat kuat.

Maka akar tanaman  yang kuat inilah yang dapat mampu menahan tanah dari bahaya terjadinya erosi atau tanah yang habis terkikis oleh air hujan yang turun sangat deras sehingga akan membahayakan lingkungan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Manfaat dari tanaman putri malu yang dapat digunakan oleh manusia diketahui setelah diadakannya penelitian-penelitian oleh para ahli.

Kemudian tanaman ini menjadi tanaman yang penting lalu diipelihara dan yang paling utama sekali digunakan sebagai tanaman pelindung tanah sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tanaman putri malu ini bermanfaat atau bisa digunakan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah oleh air atau erosi misalnya saja disungai.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    google indonesia
  1. google indonesia