Kandungan dan Manfaat Tanaman Kapulaga

Kandungan dan Manfaat Tanaman Kapulaga – Kapulaga adalah salah satu bumbu dapur yang dimanfaatkan juga oleh masyarakat untuk bahan pengobatan.

Berikut ini akan saya bagaikan beberapa kandungan dan manfaat yang di berikan kapulaga :

Menurunkan resik kanker

kapulaga

Kapulaga mengandung anti – karsinogenik yang dapat mencegah kanker yang mana penyakit ini adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia.

Dalam sebuah Study dilakukan oleh Sengupta et la di Kolkata di Chittaranjan National Cancer Institute, menunjukkan hasil bahwa kapulaga dapat mencegah penyakit kanker kolorektal sampai 48 %.

Baik untuk kesehatan jantung

Irama hipertensi dan detak jantung pada seseorang penderita kardiovaskular dapat di kendalikan menggunakan kapulaga.

Hal ini berdasarkan penelitian di departemen Farmakologi dan Farmasi di College of Pharmacy Raja Saud University, Arab Saudi.

Mengontrol kolesterol

Untuk mengatasi lonjakan lipid dalam tubuh dapat dikendalikan dengan mikronutrien dalam kapulaga.

Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Dhuley di TOxicolog Divisi Farmakologi dan di Hindustan India melakukan percobaan pada tikus menggunakan enzim antioksidan hati dan jantungnya kapulaga dengan cara memberi diet tinggi lemak.

Hasilnya menunjukkan bahwa enzim antioksidan memiliki pengaruh terhadap tingkat kolesterol yaitu membantu mengendalikannya secara signifikan.

Anti depresan

Ternyata kapulaga mengandung minyak esensial yang memiliki sifat antidepresan biasa di manfaatkan untuk aroma terapi.

Bukan hanya depresi yang disembuhkan, melainkan bisa juga untuk mengobati beraneka ragam penyakit, misalnya gangguan pada perut penderita penyakit paru-paru.

Mengobati gangguan kemih

Kapulaga mengandung nutrisi dimanfaatkan sebagai obat penyakit pada saluran kemih dan infeksi seperti gonore, nefritis dan sistitis misalnya.

Menurunkan resiko terjadinya penyakit gastrointestinal

Salah satu kandungan kapulaga adalah Ekstrak metanol yang menjadi komponen terpenting dalam mengendalikan gangguan pada pencernaan, kram perut dan perut kembung misalnya.

Berdasarkan sebuah Study menunjukkan bahwa kapulaga mengandung minyak atsiri yang sangat efektif untuk mengobati atau mengurangi gangguan – gangguan pada pencernaan.

Anti mikroba

Kapulaga memiliki sifat untuk melawan infeksi. Di ketahui juga dalam ilmu pengetahuan modern bahwa kapulaga memiliki sifat anti mikroba yang bisa menghambat pertumbuhan dan penyebaran sebagian mikroba berbahaya untuk tubuh sehingga dapat menyebabkan keracunan makanan.

Obat kejang otot

Sering kali orang yang sudah lanjut usia mengalami kejang otot secara tiba – tiba akibat adanya kontraksi otot.

Sehingga menimbulkan rasa sakit pada bagian yang kejang. Ternyata kapulaga dapat mengontrol kejang otot tersebut hasil sebuah penelitian.

Mengobati sakit gigi

Salah satu kandungan dari kapulaga adalah antibiotik, ternyata antibiotik tersebut dapat membantu menyembuhkan penyakit gigi.

Mengobati asma

Sebuah studi memberitahukan bahwa ekstrak mentah pada kapulaga dapat menyempitkan saluran udara dalam tubuh dan sangat efektif menciptakan relaksasi di jaringan trakea.

Sehingga kapulaga di anjurkan untuk mengobati asma maupun gangguan penyakit pernapasan lainnya.

Mengobati nyeri sendi

Rasa nyeri di persendian dapat di atasi dengan sifat anti karsinogen dan anti inflamasi pada kapulaga.

Mencegah osteoporosis

Kesehatan tulang pada seseorang dapat di jaga dengan memanfaatkan kapulaga, apalagi kapulaga mengandung vitamin C, mangan dan kalsium, sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Mengobati flu dan batuk

Kapulaga mengandung rasa pedas sehingga dapat memberikan efek hangat dan dapat mengencerkan dahak yang menyebabkan penyumbatan pada hidung dan tenggorokan karena lendir.

Baca Juga :

Jadi disarankan seseorang penderita untuk mengonsumsinya untuk penyembuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    sakong online
  1. sakong online
  2. bandarq
  3. bandarq
  4. bandar q
  5. bandar q