Kandungan dan Manfaat Kecambah

Kandungan dan Manfaat Kecambah – Tauge adalah kecambah yang berasal dari biji – bijian seperti kacang hijau dan kacang kedelai. Bentuk kecambah didapatkan setelah biji diproses selama beberapa hari yang disebut dengan perkecambahan.

Tauge umumnya dimanfaatkan untuk campuran masakan seperti tumis misalnya tumis tahu dan tempe.

Kecambah lebih bergizi dibandngkan dengan bijinya. Protein tauge lebih tinggi daripada bijinya karena selama proses menjadi kecambah terjadi pembentukkan asam – asam amino esensial yang adalah penyusun protein.

Proses berkecambah meningkatkan daya cerna karena berkecambah adalah proses katabolisme yang menyediakan zat gizi penting untuk pertumbuhan tanaman. Kandungan gizi pada tauge adalah vitamin A, B kompleks, C, E, dan mineral.

Kandungan gizi pada 100 gram tauge :

  • Energi 23 kal
  • Protein 2,9 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Karbohidrat 4,1 gram
  • Serat 1 gram
  • Kalsium 29 mg
  • Fosfor 69 mg
  • Fe 0,8 mg
  • Vitamin A 10 IU
  • Vitamin B1 0,07 mg
  • Vitamin C 15 mg
  • Air 92,4 gram

Untuk penderita asam urat sebaiknya berhati – hati mengkonsumsi tauge karena berasal dari kacang – kacangan yang dapat menaikkan kadar asam urat.

Manfaat tauge bagi kesehatan sebagai berikut :

  1. MENCEGAH KANKER

Karena banyak mengandung serat dan air, tauge membantu pengeluaran kotoran dalam usus besar sehingga tidak memberi kesempatan karsinogen menempati dinding usus yang menyebabkan kanker usus besar.

Penenlitan di AS menunjukkan, pria yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung coumestrol yang terdapat pada tauge jarang terserang kankeer prostat.

  1. MENCEGAH SERANGAN JANTUNG

Saponin pada tauge membantu menurunkan kadar kolesterol LDL tanpa mengganggu HDL sehingga risiko terkena serangan jantung kecil.

  1. MENGUATKAN TULANG

Kandungan coumestrol adalah estrogen alami yang berfungsi sama seperti estrogen buatan tapi lebih baik karena tidak ada efek samping. Estrogen pada tauge dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang, dan mencegah tulang keropos.

  1. MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

Tauge kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA dan mencegah proses penuaan dini. Saponin pada tauge juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. MENINGKATKAN KESUBURAN DAN KECANTIKKAN

Vitamin E pada tauge membantu meningkatkan kesuburan pada wanita, mencegah kanker payudara, gejala PMS, pramenopause, gangguan akibat menopause, membantu meremajakan, menghaluskan kulit, menghilangkan flek – flek hitam di wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut, dan melangsingkan tubuh.

  1. MELANCARKAN PENCERNAAN

Taude yang bersifat basa sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan.

  1. KESEHATAN LIVER

Tauge mengandung banyak lesitin yang membantu menjaga kadar kolesterol, mengurangi lemak hati, dan mencegah penumpukkan lemak pada hati yang menyebabkan gangguan hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme