Kandungan dan Manfaat Cabai Jawa

Kandungan dan Manfaat Cabai Jawa – Cabe Jawa sudah dikenal oleh masyarakat sejak zaman dahulu yang sering di gunakan sebagai rempah pemedas sebelum kedatangan cabe (Capsicum spp).

Tanaman yang dapat tumbuh pada lahan yang memiliki ketinggian sekitar 0 – 600 meter di atas permukaan laut ini memiliki kaya akan kandungan, sehingga memiliki banyak manfaat, seperti untuk obat gatal dan obat kumur.

Kandungan cabe Jawa

kandungan-cabai-jawa

Kandungan  tanaman cabe Jawa sangatlah banyak, berikut ini di antaranya :

  1. Pedas piperine
  2. Palmitic Acids
  3. Sesamin
  4. Piperidin
  5. Minyak atsiri
  6. Chavicine
  7. Palmitic Acids
  8. Tetrahydropiperic Acids

Manfaat cabai Jawa

Cabe Jawa memiliki kandungan zat bermanfaat yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai salah satu obat tradisional, seperti :

  1. Obat biduran

Biduran adalah salah satu penyakit kulit yang pada umumnya merasakan gatal di sekujur tubuhnya dan terdapat bentol – bentol merah tebal.

Salah satu cara mengatasi adalah menggunakan daun cabe Jawa yang memberikan rasa hangat yang dapat meredakan rasa gatal.

Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa lembar daun cabe Jawa yang telah di cuci bersih, kemudian tumbuh hingga halus dan campurkan dengan garam secukupnya. Setelah itu oleskan pada bentol – bentol secara rata.

  1. Obat kumur

Salah satu manfaat yang di berikan oleh daun cabe jawa adalah sebagai obat kumur yang mana dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut.

Caranya adalah dengan menyediakan 3 lembar daun cabe yang telah di bersihkan atau di cuci hingga bersih, kemudian haluskan dan campur dengan air panas. Air campuran tersebut dapat langsung di gunakan untuk berkumur.

  1. Masuk angin

Ketika anda mengalami masuk angin bisa juga mengatasinya dengan cabe Jawa. Caranya adalah siapkan 3 butir cabe Jawa, ¼ gram daun kesumba keling (Bixarellana L), guleanau 3 jari, ¼ genggam daun poko (Mentha arvensis javanica BI) yang semuanya telah di cuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 ¼ gelas untuk 1 hari di minum 3 kali.

  1. Pereda kejang perut

Salah satu mandat daun cabe adalah untuk meredakan kejang pada perut, caranya siapkan 3 lembar daun cabe Jawa yang telah di cuci bersih dan di tumbuk hingga halus. Campur dengan air panas, saring dan saringannya itu bisa langsung di minum.

  1. Rasa lemah (Neurashenia)

cara untuk mengatasi rasa lemah menggunakan tanaman cabe Jawa adalah dengan menyiapkan 6 butir cabe Jawa, ¾ jari rimpang lempuyang,3 batang rimpang alang – alang, gula enau 3 jari, ¾ genggam daun sambiloto yang telah di cuci bersih. Kemudian potong seperlunya saja dan rebus menggunakan 4 gelas air hingga tersisa 2 ¼ gelas. Lakukan penyaringan dan minum sehari 3 kali.

  1. Obat gatal dan gigitan serangga

Ketika seseorang sedang menderita gatal atau mengalami gigitan serangga maka penyembuhannya bisa langsung menggunakan daun cabe Jawa, caranya beberapa lembar dan cabe Jawa di cuci secara bersih, kemudian tumbuk hingga halus, lalu oleskan pada area kulit yang gatal atau gigitan serangga tadi. Daun cabe Jawa akan memberikan rasa hangat sehingga meredakan rasa gatal.

  1. Obat kuat

Salah satu manfaat dari akar tanaman cabe Jawa adalah membersihkan rahim seseorang setelah dia melahirkan. Caranya siapkan 3 gram akar kering cabe Jawa, tumbuk dan haluskan, seduh menggunakan air panas. Minumlah sehari sekali secara teratur.

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    spyroroof.com
  1. Semua Jenis Genteng Metal Mulia Roof Lengkap Dan Berkualitas. Cek Disini!
  2. software media pendidikan SD daksd2016.net
  3. Perangkat Lunak Media Pendidikan DAK Sekolah Dasar 2016
  4. pembuatan pt
  5. Kami berpengalaman membuat ribuan pt di jabotabek call now untuk pelayanan cepat