Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Kandungan dan Manfaat Bunga Cempaka

Kandungan dan Manfaat Bunga Cempaka – Agroteknologi.web.id – Pohon cempaka atau yang memiliki nama latin Michelia champaca L adalah jenis pohon yang tidak hanya dapat digunakan untuk menghiasi halaman rumah, tetapi juga memiliki banyak manfaat lain, seperti kayu batangnya yang sering digunakan untuk bahan bangunan, mebel, aksesoris-aksesoris dari kayu, dan bunganya yang digunakan untuk campuran wewangian.

Meskipun pohon cempaka sering diidentikan sebagai bunga yang mistis karena banyak ditanam di tempat-tempat keramat seperti kuil dan makam, bunga pohon ini ternyata bisa digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Baca Juga : Perbedaan Bunga Kantil dan Cempaka

Di bawah ini akan diuraikan lebih lanjut apa saja kandungan di dalam bunga cempaka dan manfaatnya sebagai obat herbal.

Kandungan Bunga Cempaka

Bunga cempaka mengandung banyak sekali zat-zat kimia alami yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh seperti asid benzoik, cineol, benzaldehid, alkaloid, isoeugonel, p-kresol metir eter, minyak, dan alkohol benzil.

Tak hanya itu saja, minyak yang terdapat di dalam bunganya juga mengandung banyak seklai bahan kimia yang berguna untuk tubuh seperti indol, benzil asetat, oksimes, eter metil kresol, metil palmitat, metil linoleat, geraniol, ionon, cineol, alfa iononalkohol benzil, linalol, betaionon, isoeugenol, 2-feninletanol, 2-feniletil asetat, dan lain-lain.

Semua kandungan tersebut tentu sangat berguna untuk tubuh, itu sebabnya bunga cempaka juga dapat digunakan sebagai obat herbal beberapa penyakit berikut ini.

Manfaat Bunga Cempaka

  1. Vertigo

Penyakit pertama yang dapat disembuhkan dengan bunga cempaka adalah vertigo.

Cara penyembuhannya pun tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bunga cempaka dan membersihkannya hingga benar-benar bersih.

Setelah bersih, keringkan bunga cempaka tersebut, kemudian rebus bunga cempaka yang sudah kering dengan mencampurkannya dengan air secukupnya.

Setelah matang, Anda bisa langsung meminumnya seperti teh biasa.

  1. Keputihan pada wanita

Selain vertigo, bunga cempaka juga dapat menyembuhkan penyakit keputihan pada area miss V wanita.

Caranya pun hampir sama dengan olahan obat herbal untuk sakit vertigo, hanya saja Anda harus menyiapkan kurang lebih 30 gram bunga cempaka, 15 gram kulit delima, dan 30 gram sambiloto.

Rebus semua bahan tersebut dengan menambahkan air secukupnya.

Setelah matang dan menyisakan satu gelas, minum rebusan tersebut selagi masih hangat.

Lakukan hal yang sama setiap pagi dan sore secara rutin hingga keputihan Anda benar-benar sembuh.

  1. Menghilangkan bau badan

Wangi bunga cempaka juga dapat digunakan sebagai penghilang bau badan.

Caranya sangat mudah jika dibandingkan dengan pengobatan-pengobatan bunga cempaka untuk penyakit lainnya, yaitu Anda hanya perlu merendam beberapa kuntum bunga cempaka di dalam air yang akan Anda gunakan untuk mandi selama beberapa saat hingga air tersebut harum.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Jika tiga cara di atas digunakan untuk menyembuhkan penyakit atau masalah tubuh tertentu, maka manfaat keempat dari bunga cempaka yaitu dapat meningkatkan nafsu makan.

Langkahnya adalah dengan menumbuk beberapa kuntum bunga cempaka yang berwarna kuning dan mencampurnya dengan gula jawa dan asam jawa dengan porsi yang seimbang.

Setelah itu, rebus semua bahan tersebut hingga larut dan matang. Kemudian minum selagi masih hangat. Lakukan setiap hari secara rutin hingga Anda merasakan manfaatnya.

Demikian penjelasan mengenai kandungan dan manfaat dari bunga cempaka.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat bunga cempaka untuk menyembuhkan penyakit, antara lain penyakit kulit, nyeri sendi, mual-mual, menstruasi yang tidak teratur, kencing nanah, hingga menghilangkan bau nafas.

Baca Juga : Khasiat Dan Manfaat Dari Bunga Cempaka Putih

Loading…

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme