Kandungan dan Manfaat Buah Leci

Kandungan Pada Buah Leci

Dalam setiap 100 gr buah leci terdapat sekitar 66 kalori. Leci bahkan tidak memiliki lemak jenuh ataupun kolesterol, tetapi disusun dari jumlah yang baik dan juga kaya serat makanan, vitamin serta kaya antioksidan.

Bahkan oligonol, polifenol dengan berat molekul rendah ditemukan berlimpah ada di dalam buah leci.

Oligonol diperkirakan dalam tubuh bertindak sebagai anti virus sebagai anti oksidan.

buah-leci

Buah leci juga merupakan salah satu sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh, dimana 100 gram buah-buahan segar memberikan 71,5 mg atau 119% dari nilai harian vitamin C yang telah disarankan.

Baca Juga :

Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C akan membantu tubuh dalam pengembangan resistensi terhadap agen infeksi dari berbagai jenis penyakit berbahaya, radikal bebas atau anti inflamasi.

Buah leci ini juga mengandung vitamin B-kompleks yang baik seperti misalnya thiamin, niacin, dan folat.

Vitamin B-kompleks dinilai  sangat penting karena bertindak sebagai faktor yang membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, juga lemak.

Selain itu leci juga mengandung mineral seperti kalium, yang memiliki peran untuk menjaga kesehatan jantung serta tekanan darah.

Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut adalah beberapa manfaat buah leci bagi kesehatan juga kecantikan yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi buah leci, terlebih lagi jika buah leci ini  dikonsumsi secara teratur. Berikut manfaat yang ada dalam buah leci:

1. Buah leci sebagai pencerah kulit

Manfaat pertama yaitu sebagai pencerah kulit. Selain itu leci dapat mengurangi serta menghilangkan jerawat juga memperlancar aliran darah di kulit sehingga kulit tampak lebih muda.

2. Buah leci untuk mencegah kanker

Manfaat luar biasanya adalah dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan flavanoid pada leci dinilai sangat efektif untuk memerangi sel kanker. Selain flavanoid, leci juga mengandung quercitin serta kaempferol yang membantu mengurangi penyebaran dari sel-sel kanker.

3. Buah leci untuk kesehatan jantung

Leci sangat menyehatkan untuk jantung. Hal ini dikarenakan bau dari leci yang kaya akan polyphenol yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu kandungan nutrisinya juga akan membantu menstabilkan tekanan darah serta detak jantung sehingga dapat mengurangi resiko stroke serta penyakit jantung koroner lainnya.

4. Buah leci untuk memperbaiki pencernaan

Buah leci juga dinilai dapat menyehatkan sistem pencernaan. Leci memiliki sifat astringent yaitu sifat yang dapat membersihkan pencernaan dari racun-racun serta bakteri lain penyebab sakit perut.

5. Buah leci untuk nutrisi kulit

Buah leci menjadi salah satu sumber nutrisi untuk kulit. Kulit membutuhkan nutrisi untuk melakukan metabolisme, memperbaiki jaringan yang telah rusak, menangkal radikal bebas serta lain sebagainya.

Kandungan thiamin, niacin, juga tembaga sangat bermanfaat bagi kulit. Thiamin membantu tubuh dalam metabolisme lemak serta protein untuk kesehatan kulit.

Niacin meningkatkan hidrasi pada kulit, sementara tembaga dalam jumlah kecil membantu mempercepat penyembuhan kulit yang mengalami kerusakan.

6. Buah leci untuk menjaga kesehatan tulang

Kandungan fosfor serta magnesium yang tinggi pada buah leci dapat menjaga kesehatan tulang.

Selain itu kandungan mineral seperti tembaga juga mangan bermanfaat untuk memperkuat tulang rapuh.

Mineral sejenis seng juga tembaga akan meningkatkan efektivitas vitamin D serta mempengaruhi asimilasi kalsium yang dapat memelihara kesehatan tulang.

7. Buah leci untuk menangkal radikal bebas

Leci bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas. Ini karena kandungan polifenol pada leci serta oligonol mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi berat badan serta melindungi kulit dari sinar UVA yang berbahaya.

Oligonol menurunkan lemak juga meningkatkan sirkulasi darah sampingan, menurun pasca latihan kelelahan, meningkatkan stamina dan juga mengurangi garis-garis wajah serta bintik-bintik coklat.

8. Buah leci untuk metabolisme tubuh

Kandungan vitamin B komplek yang ada pada buah leci sangat bermanfaat untuk tubuh, salah satunya yaitu membantu metabolisme tubuh.

Vitamin B komplek yang berupa thiamin, riboflavin, niasin, dan folat akan membantu tubuh untuk metabolisme karbohidrat, protein serta lemak.

Tinggi beta karoten juga memperkuat sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan fungsi hati dan organ tubuh lainnya.

9. Buah leci untuk mencegah penuaan dini

Buah leci ternyata dapat mencegah penuaan dini, seperti keriput, garis hitam serta flek pada wajah dan bagian kulit lain. Leci kaya akan vitamin C dan juga merupakan antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas.

Konsumsi leci atau menggunakannya dalam kemasan wajah akan efektif dalam menghilangkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus juga bintik-bintik gelap.

10. Buah leci untuk memelihara rambut sehat

Manfaat leci untuk kecantikan yang terakhir yaitu memelihara kesehatan rambut. Kandungan vitamin C berperan aktif dalam menjaga tingkat integritas mikro sirkulasi, sehingga menjamin adanya pasokan darah yang memadai pada folikel rambut.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    adu q
  1. adu q
  2. google indonesia
  3. google indonesia