Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Kandungan Dan Manfaat Buah Apel

Kandungan Dan Manfaat Buah Apel – Apel tergolong buah yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang.

Bahkan buah ini dapat dijumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia. Selain memiliki rasa yang nikmat, buah apel ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan.

Buah apel umumnya memiliki bentuk yang bulat, dengan cekungan pada pangkal pucuknya.

apeel

Artikel Terkait :

Daging buah apel berwarna putih, renya dan berair dengan rasa manis. Daging buah dilindungi kulit tipis yang mengkilap. Bila daging ini dipotong, maka munculah aroma yang harum.

Namun ada beberapa varietas apel yang memiliki aroma tajam. Citarasa, aroma, dan tekstur, sebenarnya dihasilkan dari kurang lebih 230 komponen kimia.

Termasuk beragam asam seperti asam asetat, format, dan 20 jenis asam lain. Ada pula kandungan alkohol 30-40 jenis, ester seperti etil asetat sekira 100 jenis, karbonil seperti formaldehid dan asetaldehid.

Kandungan Gizi Buah Apel

Karena manfaat apel yang menyehatkan, terdapat sebuah istilah kesehalan yang sangat terkenal  yaitu “one apple a day keeps the doctor away” yang dapat diartikan “dengan mengonsumsi satu buah apel sehari dapat mencegah untuk tidak pergi ke dokter”.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Polandia terhadap 592 orang pasien kanker kolorektal dan 765 pasien sehat yang diterbilkan dalam European Journal of Cancer Prevention mengungkapkan bahwa dengan memakan satu buah apel setiap hari secara teratur dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker kolorektal.

Apel mengandung zat gizi yang cukup tinggi, namun yang paling dominan adalah vitaminnya.

Terdapat banyak vitamin yang pada buah apel, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C.

Sedangkan mineral yang ada dalam buah apel seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.

Selain itu, buah apel juga memiliki serat yang tinggi, sehingga apel baik untuk orang yang sedang diet.

Fungsi serat bisa untuk mencegah lapar yang datang lebih cepat juga berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat yang di dalam tubuh kemudian selanjutnya akan dibuang.

Buah apel juga mengandung fitokimia yang merupakan suatu zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Zat ini juga bermanfaat untuk menekan jumlah kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh yang menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Kandungan zat lain yang dimiliki oleh buah apel seperti tanin yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut.

Baron yang bermanfaat untuk mempertahankan jumlah hormon estrogen yang ada dalam tubuh seorang wanita.

Flavoid yang berfungsi untuk menurunkan terjadinya risiko kanker. Asam D-glucaric yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol didalam darah.

Selain zat-zat yang telah disebutkan tadi, buah apel juga mengandung asam tartar yang dapat menyehatkan fungsi saluran pencernaan serta membunuh bakteri – bakteri jahat yang terdapat dalam saluran pencernaan.

Manfaat Buah Apel

Dari penjelasan tentang kandungan gizi buah apel diatas sebenarnya sudah dapat terlihat manfaat dari buah apel bagi kesehatan. Berikut ini dijelaskan manfaat buah apel bagi kesehatan, untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh
  • Meningkatkan daya penglihatan
  • Mencegah Penyakit mulut
  • Membantu pertumbuhan tulang serta gigi
  • Membantu merawat kesehatan gigi
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Mencegah timbulnya kanker
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Membantu proses pencernaan

Dari sekian banyak manfaat apel bagi kesehatan, yang perlu diperhatikan adalah setiap jenis apel memiliki khasiat yang berbeda pula karena ada beberapa kandungan gizi yang lebih banyak dalam beragam jenis apel, misalnya :

  • Apel hijau akan lebih baik dikonsumsi untuk pertumbuhan tulang, gigi, penglihatan, dan anti kanker.
  • Apel kuning baik untuk kesehatan hati, mata, kekebalan tubuh, mengurangi risiko terkena kanker.
  • Apel merah bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati, fungsi daya ingat, menjaga kesehatan saluran kemih, dan mengurangi risiko kanker.

Loading…

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme