Jenis-jenis Penyerbukan Secara Alami

Jenis-jenis Penyerbukan Secara Alami – Berikut merupakan pembahasan mengenai perkebangbiakkan tumbuhan secara generatif yakni penyerbukkan.

Penyerbukan adalah peristiwa yang berkaitan dengan alat kelamin betina yang membentuk zigot yang tumbuh dan berkembang menjadi embrio yang berlanjut pada proses pembuahan pada jenis tumbuhan.

Penyerbukan merupakan proses jatuhnya serbuk sari di kepala putik.

Penyerbukan yaitu sampainya serbuk sari yang mengandung spermatozoa pada putik yang mengandung sel telur berasal dari tumbuhan berbiji tertutup atau pada testis penyerbukan tumbuhan berbiji terbuka.

Baca Juga :

Dilihat dari penyebab terjadinya penyerbukan ada 2 macam, yakni berdasarkan sampainya serbuk sari pada kepala putik dan asal serbuk sari tumbuhan berbiji.

MACAM – MACAM PENYERBUKKAN BERDASARKAN PENYEBAB SAMPAINYA SERBUK SARI

  1. ANEMOGAMI

Penyerbukan yang terjadi pada bunga karena bantuan angin. Mempunyai ciri-ciri yakni jumlah serbuk sarinya banyak, ringan, tidak mempunyai perhiasan bunga, dan kedudukan serbuk sari bergelantungan. Contohnya: tanaman padi, dan gandum.

  1. HYDROGAMI

Penyerbukan yang terjadi pada bunga karena bantuan air. Serbuk sari yang terbawa air menuju ke putik sehingga terjadi penyerbukan. Contohnya: tanaman Hydrilla.

  1. ZOIDIOGAMI

Penyerbukan yang dibantu oleh hewan.

  1. ENTOMOGAMI

Penyerbukan yang dibantu oleh serangga. Bunganya mempunyai bau yang khas, mahkota berwarna mencolok, dan memiliki kelenjar madu yang berfungsi sebagai daya tarik serangga untuk mendekat.

  1. ANTROPOGAMI

Penyerbukan yang dibantu oleh manusia karena secara alami tanamannya susah menghasilkan buah sehingga harus ada campur tangan manusia. Contohnya: Tanaman vanili.

MACAM – MACAM PENYERBUKKAN BERDASRKAN SERBUK SARI

Serbuk sari yang jatuh di kepala putik bisa berasal dari jenis tanaman bunga tunggal atau berasal dari bunga lain pada jenis tanaman majemuk dalam satu pohon. Berdasarkan asal jatuhnya serbuk sari, dibedakan menjadi 4 macam, yakni :

  1. AUTOGAMI

Penyerbukan terjadi karena serbuk sari jatuh di kepala putik berasal dari satu bunga itu sendiri.

  1. GEITONOGAMI

Penyerbukan terjadi karena serbuk sari jatuh di kepala putik berasal dari bunga lain dalam satu pohon.

  1. ALOGAMI

Penyerbukan terjadi karena serbuk sari jatuh di kepala putik berasal dari bunga lain yang berbeda pohon, tetapi masih satu spesies.

  1. BASTAR

Penyerbukan terjadi karena serbuk sari jatuh di kepala putik berasal dari bunga lain yang spesiesnya berbeda.

Demikian pembahasan mengenai pengertian penyerbukan pada tumbuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme