Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Jenis-jenis Bunga Asoka Yang Layak Di Budidayakan

Jenis-jenis Bunga Asoka Yang Layak Di Budidayakan – Bunga Asoka mungkin jarang sekali terdengar, karena bunga ini tidak sepopuler bunga mawar maupun melati.

Akan tetapi bunga Asoka sangat indah dan cantik yang tidak kalah dengan bunga mawar dan Bungan lainnya.

Bagi yang belum mengetahui bunga Asoka memiliki ciri-ciri bentuk bunga yang kecil dan runcing dan juga bunga nya tumbuh dengan berkelompok memiliki warna yang cerah seperti warna merah dan kuning.

Bunga Asoka banyak di jadikan sebagai bunga hias yang banyak di taman di pekarang rumah. Selain itu bunga Asoka sangat lah harus hanya saja bunga ini banyak mengandung nectar sehingga banyak mengundang kupu-kupu yang hinggap di atasnya.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Hias Bunga Asoka

Oleh sebab itulah mengapa bunga ini banyak di jadikan tanaman hias dan kini untuk membelinya tidak terlalu sulit karena sudah banyak yang membudidayakan tanaman ini.

Meskipun pada awalnya bunga Asoka merupakan jenis tanaman perdu yang banyak di temui di hutan-hutan.

Karena memiliki bentuk bunga yang indah serta warna yang cerah memancar maka banyak orang tertarik sehingga membawanya pulang untuk di jadikan tanaman hias.

Kemudian seiring berkembanganya ilmu pengetahuan maka kini sudah banyak di kembangkan bunga Asoka hibrida yang memiliki wran bunga yang lebih beragam.

Karena bunga Asoka salah satu jenis tanaman yang banyak membutuhkan sinar matahari maka tanaman ini lebih cocok di taman di pekarangan rumah dengan alam terbuka.

Namun jika ingin membudiayakan nya pun bisa di lakukan dengan mengikuti proses nya sebagai berikut.

Pembibitan bunga Asoka

Untuk memulai budidaya bunga Asoka sebaiknya melakukan pembibitan dengan menggunakan cara vegetative yakni mengambil bagian batang pohon Asoka yang sudah tua untuk di jadikan bibit.

Batang yang di ambil panjangnya 15 cm, kemudian tancapkan ke media semai yang telah di siapkan.

Simpan di tempat teduh dan lembab agar proses pembibitan  bisa cepat mengeluarkan akar dan tumbuh tunas baru.

Penanaman bunga Asoka

Apabila bibit tadi telah mengeluarkan akar, maka selanjutnya ialah menanam bunga Asoka di media tanam yang telah di siapkan dengan campuran tanah dan juga pupuk organic bisa menggunakan pupus kompos atau pupuk kandang.

Media tanam tersebut di buat dengan perbandingan 1:1 bisa di masukan kedalam pot maupun polybag dengan lubang yang telah di buang dengan kedalaman 5-10 cm.

Kemudian tanam bibit bunga Asoka tersebut dengan tegak lurus dan sebaiknya di lakukan pada waktu sore atau pagi.

Perawatan bunga Asoka

Jika memutuskan untuk melakukan budidaya maka harus siap pula dalam perawatan tanaman.

Karena bunga Asoka tidak lah sulit dalam perawatannya maka hanya perlu di siram setiap pagi di awal pertumbuhannya dan apabila bunga sudah tumbuh maka dapat di beri pupuk sebulan sekali.

Selain itu harus rajin membersihkan tanaman liar yang biasanya tumbuh di sekitar tanaman.

Bunga Asoka selain bisa di jadikan tanaman hias dan juga budidaya ternyata bunga Asoka menyimpan segudang manfaatkan yang berguna untuk tubuh dan kesehatan.

Karena bunga Asoka meiliki warna merah dan kuning di mana di dalamnya terdapat zat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Seperti terdapat zat besi, zat organic, zat tannin sampai zat hematoksilin yang dapat di gunakan untu menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, bunga Asoka banyak di manfaatkan sebagai obat herbal akan tetapi di Indonesia sendiri belum banyak yang memanfaatkannya.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Asoka Untuk Pemula

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme