Ingin Sukses Di Bisnis Kuliner : Kuasai 4 Hal Ini

Ingin Sukses Di Bisnis Kuliner : Kuasai 4 Hal Ini – Menjadi seorang pengusaha sukses menjadi keinginan bagi banyak orang sejak dulu. Tentu saja  banyak dari anda merasa kebingungan memilih sektor usaha apa yang akan dijalankan untuk meraih pundi – pundi uang.

Tapi, bagi anda yang memiliki kesukaan dalam bidang kuliner, maka bisa saja mengikuti beberapa poin di bawah ini. Pemerhati sekaligus pelaku bisnis kuliner, Bondan Winarno menuturkan bahwa kunci sukses dalam membangun bisnis kuliner terletak pada kemampuan anda dalam memiliki dan menguasai kunci tersebut di bawah ini :

Pertama, anda mesti mengetahui masing – masing komponen harga. Hal tersebut penting untuk mengatur manajemen keuangan usaha. ” Semua harus tahu kapan harga cabai naik, kita menyimpan stok cadangan. Dan ditulis jangan di awing – awang, ” kata dia dalam sebuah acara digelar bersama dengan Sampoerna Expo di Surabaya, Sabtu (5/9/2015) yang lalu.

Kedua, tetapkan peranan anda. Menurut Bondan, dalam sebuah usaha disarankan untuk menghindari peran berganda agar usaha menjadi lebih terfokus. ” Kalau berhasil berkembang tetapkan peran, kalau usaha besar mau jadi koki atau manajer, nggak bisa dua – duanya, ” tambahnya.

Ketiga, memilih lokasi. Jadi anda harus menentukan lokasi mana yang tepat agar mudah dijamah oleh konsumen. Memang, selama ini ada banyak pelaku usaha yang meskipun terletak di tempat yang sulit terjangkau tapi memiliki banyak penggemar dan mampu bertahan. Bondan mengatakan, sebaiknya hal tersebut dihindari saja karena anda adalah pemain baru usaha ini.

Keempat, hal yang perlu dikuasai food entrepneur untuk sukses mengkreasikan produk – produk baru adalah sebagai berikut :

  1. Tampilan Yang Menarik

Makanan dengan penampilan yang unik dengan sendirinya akan mendorong konsumen untuk berbagi ceritanya ke sekeliling. Maka dari itu, presentasi (atau plating) menjadi menarik dan merupakan poin penting bilamana anda ingin menciptakan sebuah makanan / minuman yang baru. Banyak chef menggunakan edible flower atau micro green sebagai bahan pemanis. Penampilannya yang instagenic diharapkan bisa memuluskan sajian untuk menjadi viral di dunia maya. Apabila bisnis anda berada di jalur food bazaar, perdalam ide untuk kemasan yang menarik.

  1. Rasa Yang Baru

Meskipun tampilan merajai segalanya, chef dan pebisnis makanan / minuman pemula yang idealis biasanya akan menempatkan rasa sebagai elemen penting. Seperti kecombrang yang sempat trend sebagai menu pendamping nasi berupa sambal mentah bunga kecombrang dengan ikan laut bakar, kini rasa eksotisnya bahkan mampu merambah hingga ke dessert. Rasa baru bisa saja datang dari Barat atau Asia tetapi yang umum dan banyak dilakukan adalah mencampurkan keduanya untuk sebuah rasa yang sama sekali baru. Generasi kini tidak segan – segan mengeluarkan uang lebih banyak hanya untuk bisa mencicipi sesuatu yang premium dan unik.

  1. Tekstur

Membanjirnya informasi mengenai makanan dan minuman saat ini menyebabkan generasi milenial lebih kritis dalam menilai terhadap sebuah hidangan yang akan mereka cicipi. Tidak hanya soal rasa saja yang harus enak dengan penampilan apik, mereka kini lebih suka dimanjakan dengan permainan tekstur pada makanan seperti sekaligus menciptakan ‘emosi’ di dalam mulut dan sebuah pengalaman menarik untuk mencicipi makanan dan minuman yang lebih khas. Pada plated dessert, kini seorang chef akan dengan suka cita mencampurkan banyak tekstur ke dalam sajian kreasi mereka. Dalam satu piring misalnya terdiri dari es krim, mousse, cake, saus, crumble, dan foam dimana saat akan disantap secara bersamaan, sensasinya lebih nikmat.

  1. Be The First, Not The Second

Sesuatu yang berbeda pastilah selalu dicari oleh turis asing ketika pertama kali berkunjung ke sebuah kawasan wisata apalagi yang masih tradisional dan merupakan daerah perawan. Untuk ini, pancing kreativitas anda untuk tetap bisa berinovasi, bukan mengimitasi. Walaupun menjual sesuatu yang tengah hype akan membuat brand terhadap produk – prosyk anda lebih mudah bersuara dan dikenal di tengah tren terhadap produk yang sama, ketahuilah bahwa yang diingat oleh konsumen adalah brand yang pertama mereka ketahui. Jika brand anda memang berencana untuk khusus menjual makanan / minuman yang semua orang sudah mengenal dan sedang membuat juga maka usahakan buat versi yang lebih baik atau berikan karakter unik sehingga mampu bersaing.

Semoga bermanfaat !

Baca Juga : Pengertian De Facto

Updated: May 6, 2019 — 3:40 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *