Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Fungsi dan Peranan Akar Tumbuhan

Fungsi dan Peranan Akar Tumbuhan – Akar merupakan salah satu organ dasar pada tumbuhan yang memilki peran penting bagi kelangsungan metabolisme tumbuhan.

Ada banyak fungsi dan peranan dari akar tumbuhan, salah satu fungsi yang paling dikenal adalah sebagai penyerapan air dan zat hara.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai fungsi dan peran akar tumbuhan. Berikut ulasannya

Baca Juga : Pengertian, Struktur dan Perbedaan Akar Monokotil dan Dikotil

Secara umum akar tumbuhan memiliki tujuh fungsi dan peranan, berikut penjelasannya

  1. Sebagai Penyerapan Air dan Hara.

Akar merupakan organ penyerap air dan nutrisi pada tanah. Fungsi akar yang satu ini ditinjau oleh rambut akar yang mampu menyerap nutrisi organik maupun anorganik pada larutan dengan konsentrasi tertentu.

Kondisi tanah sangat berpengaruh pada kemampuan akar dalam menyerap air. Saat tanah dalam kondisi layu atau kering, maka secara otamatis fungsi akar sebagai pennyerap nutrisi dari tanah akan terhambat.

  1. Sebagai Alat Respirasi

Setiap bagian dari tumbuhan pada dasarnya memiliki pori-pori untuk melakukan respirasi, begitu juga dengan akar yang memiliki pori-pori untuk pernapasan dalam tanah.

Akar tanaman akan menerima pasokan udara yang berasal dari tanah.

  1. Sebagai Penopang Tumbuh Tegaknya Tumbuhan

Akar juga berfungsi sebagai organ penopang tumbuh tegaknya tumbuhan. Akar akan membuat tumbuhan kuat menahan terjangan angin karena akar tumbuh memanjang menembus tanah dan mengait tanah.

Semakin panjang dan besar suatu akar maka semakin kuat dalam menopang tumbuhan

  1. Sebagai Tempat Fotosintesis

Tidak hanya daun yang berperan dalam fotosintesis tumbuhan, dalam beberapa jenis tanaman akar juga berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintes.

Fungsi dari akar ini dapat ditemukan pada tanaman  bakau, beringin dan tumbuhan lain yang hidup di air atau hidrofit.

  1. Sebagai Alat Gerak Tumbuhan

Dengan mekanisme gerak tropisme, akar juga membantu dalam gerakan tumbuhan untuk membantu menemukan air dan zat hara dalam tanah.

Fungsi akar sebagai alat gerak ini juga untuk menunjang sistem metabolisme tumbuhan dalam proses fotosintesis

  1. Sebagai Alat Reproduksi

Pada beberapa jenis tumbuhan, akar juga dapat berfungsi sebagai alat reproduksi melalui perbanyakan vegetatif stolon dan rhizoma.

Fungsi dari akar ini bisa ditemukan pada tumbuhan dengan akar berbonggol seperti bengkoang dan ubi jalar.

  1. Sebagai Penyimpan Cadangan Makanan

Akar juga dapat berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan berupa karbohidrat dan air.

Contoh dari tumbuhan yang memiliki akar jenis ini adalah wortel, bengkoang dan ubi jalar.

Jenis tumbuhan dengan akar yang dapat menyimpan cadangan makanan berjumlah besar adalah tumbuhan hirgrofit atau tumbuhan yang hidup di gurun.

Modifikasi pada Akar Tumbuhan

Pada beberapa jenis tumbuhan, akar mengalami modifikasi untuk menyesuaikan dengan tempat tumbuhan itu berada, beberapa modifikasi akar yang dapat kita temukan antara lain

  1. Akar napas. Berbeda dengan akar pada umumnya yang tumbuh menembus tanah, akar napas tumbuh naik ke atas tanah, khususnya ke atas permukaan air. Contoh dari tumbuhan yang memiliki jenis akar ini adalah Mangrove
  2. Akar gantung. Sama halnya dengan akar tanah, pada akar gantung, akar juga tumbuh ke atas permukaan tanah. Bedanya pada akar gantung, akar sepenuhnya berada di atas tanah. Akar gantung dapat ditemukan pada tumbuhan epifit seperti Anggrek.
  3. Akar Banir. Akar ini merupakan modifikasi akar untuk tumbuhan yang hidup di daerah tropis.
  4. Akar Penghisap. Akar ini merupakan modifikasi akar untuk tumbuhan parasit, seperti benalu, endak-endak cacing dan tali putri yang menggunakan akar sebagai penghisap air dan mineral dari tumbuhan inang.

Demikian, penjelasan mengenai Fungsi dan Peranan Akar Tumbuhan. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan terkait fungsi dari akar sebagai organ dasar tumbuhan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Mekanisme dan Proses Pembentukan Bintil Akar

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme