BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Tentang Ekosistem Taiga!

Beranda Forum Teknologi Pertanian Tentang Ekosistem Taiga!

Di-tag: 

Topik ini mengandung 1 balasan, memiliki 2 suara, dan terakhir diperbarui oleh  agroteknologi 2 bulan, 2 minggu yang lalu.

  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #6792

    Hermawan
    Participant

    maaf sebelumnya, perkenalkan nama saya Hermawan, Saya Orang baru diforum ini, hanya ingin sekedar bertanya karena saya mempunyai tugas tentang hal ini, yang saya tanyakan sebenarnya secara detail ekosistem Taiga itu seperti apa ya.. Terimakasih admin semoga dijawab..

  • #6793

    agroteknologi
    Keymaster

    Salam kenal mas Hermawan.

    Sebenarnya untuk Ekosistem taiga sudah saya jelaskan di artikel : http://agroteknologi.web.id/pengertian-dan-definisi-konifer-bioma-taiga/

    Tapi akan saya jelaskan sedikit : Taiga merupakan kata yang berasal dari bahasa Rusia yang memiliki arti hutan. Sehingga bioma taiga artinya adalah daratan bagian wilayah bumi yang luas dan paling banyak ditemukan di belahan bumi utara misalnya di wilayah Rusia dan Kanada.

    ekosistem ini sering disebut sebagai hutan konifer? Hal ini dikarenakan dalam wilayah ini didominasi oleh tumbuhan konifer yaitu seperti berbagai jenis pinus dan cemara.

    Terkadang juga terdapat semak basah yang tumbuh di bagian bawah hutan di antara pohon-pohon.

    Keanekaragaman jenis tumbuhan yang ada di ekosistem ini sangatlah rendah, dikarenakan ekosistem ini berada di wilayah bumi yang mengalami iklim dingin yang panjang sehingga sebagian besar tumbuhan yang hidup di daerah ini hanyalah tumbuhan musim dingin dan hewan yang biasanya memiliki kebiasaan berhibernasi seperti beruang.

    Selain terjadi musim dingin, pada wilayah ekosistem ini juga terjadi musim panas yang kadang berangsur selama satu hingga tiga bulan saja.
    Ciri-ciri dari ekosistem taiga yaitu sebagai berikut :

    1. Memiliki 4 musim namun karena perbedaan suhu udara musim semi, musim gugur dan musim dingin yang sangat sedikit menyebabkan seperti berada di musim dingin yang panjang dan memiliki musim panas yang pendek. Suhu udara pada musim dingin dapat berkisar antara -54 sampai -1 derajat celcius dan saat musim panas suhu udara hanya berkisar antara -7 sampai 21 derajat celcius. Sehingga makhluk hidup hanya akan melakukan berkembang biak di musim panas dan saat musim dingin akan melakukan hibernasi atau tidur panjang. Namun, bagi sebagian burung-burung akan bermigrasi ke selatan untuk mencari udara yang lebih hangat.

    2. Dengan iklim yang dingin dan kering, curah hujan pada ekosistem ini juga sangatlah rendah yang hanya berkisar antara 30-85 cm per tahun dan hanya terjadi di musim panas.

    3. Didominasi oleh tumbuhan konifer seperti pinus dan cemara karena tumbuhan jenis ini memiliki daun yang runding dan berbentuk seperti jarung dengan lapisan lilin membuat daun tidak terbebani oleh salju saat musim dingin serta memiliki akar yang sangat kuat.

    4. Hewan yang dapat bertahan di ekosistem taiga hanyalah hewan yang memiliki bulu tebal dan jaringan lemak yang banyak sehingga dapat bertahan di suhu yang rendah. Contohnya seperti beruang, rubah, rusa besar, serigala, kucing salju, kelinci salju, serta burung pemakan serangga. Selain itu, hewan-hewan tersebut bisa mengubah warna bulu sesuai dengan warna salju yang berguna untuk melindungi diri dari pemangsa dan untuk menyimpan panas tubuh sehingga dapat bertahan disuhu yang rendah.

    Itulah gambaran tentang ekosistem taiga. semoga bisa menjawab pertanyaannya. Terimakasih

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.

Loading…

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    pasang iklan rumah gratis
  1. Mulai Beriklan Dengan Google Hari Ini.
  2. belajar seo
  3. Trainer & Praktisi yg berpengalaman +Materi UpToDate +Terbukti No #1 di Google
  4. pagar brc surabaya
  5. pagar brc surabaya