Faktor yang mempengaruhi Politik Luar Negeri

Faktor yang mempengaruhi Politik Luar Negeri – Politik luar negeri adalah segala kebijakan atau arahan dari suatu negara yang digunakan untuk mengatur hubungannya dengan negara-negara lainnya.

Faktor yang mempengaruhi Politik Luar Negeri

Faktor yang mempengaruhi Politik Luar Negeri

Politik luar negeri dari suatu negara bisa jadi berbeda dengan politik luar negeri negara lain. Politik luar negeri ini memang bagian dari strategi yang digunakan oleh suatu negara untuk berhubungan dengan negara lain.

Strategi ini mengandung nilai-nilai, sikap, serta sasaran yang digunakan untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut.

Faktor yang Mempengaruhi Politik Luar Negeri

Secara umum faktor yang mempengaruhi luar negeri ada dua, yaitu faktor yang berasal dari dalam negeri dan faktor yang berasal dari luar negeri. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi politik luar negeri dari dalam negeri.

  • Sistem pemerintahan yang dianut

Sistem pemerintahan yang dianut di Indonesia yaitu sistem presidensial, sehingga negara Indonesia dipimpin oleh seorang Presiden.

  • Kondisi wilayah atau geografis negara

Kondisi wilayah Indonesia dulunya cukup strategis karena menjadi jalur persinggahan pelayaran dunia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbesar di dunia serta terletak di garis khatulistiwa.

  • Tujuan nasional yang dimiliki

Tujuan nasional setiap negara tentu akan mempengaruhi politik luar negerinya karena hal ini bisa menentukan jenis kerjasama apa yang ingin dilakukan serta dengan siapa kerjasama tersebut akan dilakukan

  • Kepentingan negara

Adanya kepentingan negara yang berkaitan dengan negara lain tentu akan memicu terjadinya hubungan kerjasama dengan negara lain

  • Ideologi yang dianut

Ideologi yang dianut di Indonesia berdasarkan pada Pancasila, sehingga politik luar negeri Indonesia tidak boleh menyimpang dari nilai-nilai yang ada di Pancasila

  • Adanya pergantian kepemimpinan

Adanya pergantian kepemimpinan di suatu negara bisa menyebabkan adanya pergantian haluan politik luar negeri

  • Jumlah dan kualitas penduduk negara

Jumlah dan kualitas penduduk negara akan sangat berpengaruh terhadap tujuan negara dan arah haluan politik luar negeri suatu negara

  • Kondisi ekonomi dan sumber daya negara

Setiap negara tentu memiliki kondisi ekonomi dan sumber daya yang berbeda-beda. Hal ini yang menyebabkan adanya hubungan kerjasama antar negara.

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi politik luar negeri dari luar negeri:

  • Adanya globalisasi

Adanya globalisasi memudahkan perputaran informasi sehingga hubungan dengan negara lain menjadi penting dan tidak bisa dihindari.

  • Adanya perkembangan teknologi

Perkembangan teknologi memungkinkan adanya pertukaran komunikasi dan informasi yang sangat cepat dari seluruh penjuru dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *