Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Tersier

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Tersier – Kebutuhan tersier adalah jenis kebutuhan ketiga dari jenis kebutuhan berdasarkan skala prioritasnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Tersier

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier baru akan dipenuhi apabila kebutuhan primer dan tersier sudah terpenuhi.

Baca : Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Primer

Berbeda dengan kebutuhan primer, yang diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia, dan kebutuhan sekunder, yang diperlukan untuk kemudahan kehidupan manusia, kebutuhan tersier tidaklah harus dipenuhi oleh seseorang.

Meskipun begitu, pemenuhan kebutuhan tersier akan memberikan prestige tertentu kepada seseorang.

Beberapa contoh kebutuhan tersier adalah kendaraan mewah, perhiasan, rumah mewah, liburan ke luar negeri, dan banyak lagi. Pemenuhan kebutuhan tersier dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor-faktor tersebut adalah:

  • Tingkat pendapatan

Tingkat pendapatan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan tersier.

Hal ini dikarenakan kebutuhan tersier adalah kebutuhan mewah yang baru dipenuhi apabila kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi.

Dengan kata lain, kebutuhan tersier hanya dapat dipenuhi apabila seseorang berada pada tingkat kelas ekonomi atas menengah.

  • Tingkat pendidikan

Tingkat pendidikan pun menjadi salah satu faktor untuk mendorong seseorang membeli barang-barang tersier.

Hal ini karena semakin tinggi pendidikan seseorang maka wawasan orang tersebut akan semakin terbuka. Hal ini mendorong orang tersebut untuk mengetahui berbagai barang-barang tersier yang dianggap bagus dan dianggap perlu oleh orang tersebut.

  • Status sosial

Status sosial menjadi faktor dari pemenuhan kebutuhan tersier karena terdapat suatu ekspektasi dari lingkungan, dimana orang dengan status sosial tertentu dianggap perlu untuk mempunyai suatu barang tertentu.

Hal inilah yang menjadi pendorong seseorang untuk membeli barang-barang tersier karena ekspektasi masyarakat atas status sosialnya.

  • Pergaulan

Pergaulan juga menjadi faktor yang mempengaruhi kebutuhan tersier. Hal ini karena seseorang yang berada dalam suatu pergaulan, umumnya akan memiliki keinginan untuk memiliki barang yang serupa dengan teman-teman pergaulannya. Karenanya, pergaulan menjadi salah satu faktor pendorong untuk memenuhi kebutuhan tersier.

  • Lingkungan tempat tinggal

Lingkungan tempat tinggal pun menjadi salah satu faktor yang mendorong pemenuhan kebutuhan tersier.

Hal ini dikarenakan lingkungan tempat tinggal mirip dengan pergaulan, mendorong seseorang untuk memiliki barang-barang tertentu yang serupa dengan orang di sekitarnya.

Seseorang mungkin merasa perlu untuk memiliki barang-barang tertentu yang dimiliki orang di sekitarnya agar tidak merasa tertinggal atau berkekurangan.

Baca : Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Updated: April 27, 2019 — 4:47 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *