Dari Manakah Sumber Unsur Hara Fosfor?

Dari Manakah Sumber Unsur Hara Fosfor? – Sebagai salah satu bahan makanan utama untuk digunakan oleh semua organisme dalam pertumbuhan dan sumber energi, keberadaan unsur fosfor sangatlah dibutuhkan tanaman.

Fosfor dapat berbentuk senyawa organik maupun senyawa anorganik. Dalam bentuk senyawa organik, unsur fosfor berupa gula fosfat.

Sedangkan dalam bentuk senyawa anorganik dapat meliputi ortofosfat dan polifosfat.

5

Fosfor biasanya diserap tanaman dalam bentuk H2PO4, HPO42, dan PO43. Unsur fosfor merupakan salah satu unsur utama dalam pupuk komersial. Fosfor juga mengalami siklus, yang dengan adanya industri pupuk fosfat siklus tersebut dapat terbantu.

Unsur ini ditemukan oleh Hannig Brand pada tahun 1669. Penemuan fosfor dimulai dengan cara menyuling air urin dan setelah dia menguapkan 50 ember air urin, baru dia menemukan unsur fosfor ini.

Pemberian nama diambil dari bahasa Yunani yaitu Phosphoros yang berarti pembawa terang. Benar saja, karena fosfor ini memang dikenal dan dimanfaatkan sifatnya yang dapat bercahaya di dalam kegelapan.

Sedangkan sumber unsur hara fosfor dapat dihasilkan dari proses alamiah maupun buatan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasanya berikut ini.

Sumber dari Pelapukan Batuan Fosfor

Ini adalah sumber fosfor yang paling banyak menyumbangkan ketersediaan fosfor di alam.

Perubahan cuaca, suhu dan air hujan dapat membuat batuan fosfat melapuk. Hasil dari melapuknya batuan fosfor ini kemudian kemudian meresap ke dalam tanah dan dimanfaatkan oleh tanaman.

Daur Fosfor pada Tanaman dan Hewan

Sumber fosfor juga dapat di dapat dari siklus fosfor pada tanaman maupun hewan.

Hewan maupun tanaman yang masih hidup akan memasukan unsur fosfor kedalam tubuhnya lewat makanan.

Ketika hewan maupun tanaman tersebut mari maka jasat organik tersebut masih mengandung fosfor yang dapat diserap oleh tanaman maupun masuk ke dalam tubuh hewan jika ia memakanya.

Sumber dari Pengangkutan Fosfor dari Laut

Salah satu siklus ini dapat kita temui pada jenis burung pemangsa ikan di laut. Burung Guano adalah salah satunya.

Burung ini dikenal memiliki feses yang kaya akan unsur fosfor. Ekosistem di laut dikenal banyak mengandung fosfor.

Untuk itulah burung ini dapat menghasilkan feses yang kaya akan unsur hara fosfor. Feses guano ini biasa ditemukan di goa-goa dan sangat baik untuk pupuk tanaman.

Sumber dari Sedimentasi Fosfor

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa keberadaan unsur hara fosfor dapat dipengaruhi oleh aktifitas pergerakan siklus air.

Sifat air yang selalu mengisi daratan yang lebih rendah membuat unsur hara fosfor juga dapat terangkut.

Terjadilah proses sedimentasi yang membuat unsur hara fosfos juga banyak berada di daratan yang lebih rendah. Katakanlah di laut dimana air mencapai titik terendah dan membuat unsur hara fosfor banyak terdapat di area ini.

Sedimentasi fosfor dimanfaatkan oleh ganggang dan beberapa tumbuhan air, ikan, organisme laut lain. Mereka memanfaatkan fosfor untuk pertumbuhannya dan siklus ini dapat terulang kembali ketika mereka sudah mati nanti.

Penguraian Fosfor Organik

Tumbuhan, hewan, maupun fesesnya semua mengandung fosfor. Ketika hewan dan tumbuhan tersebut mati, maka akan meninggalkan unsur ini yang dapat dimanfaatkan kembali oleh tanaman maupun hewan lainya.

Baca Artikel Lainnya :

Pengurain unsur hara fosfor organik ini juga merupakan tujuan dari dilakukanya pemupukan tanaman dengan pupuk organik.

Pupuk organik yang banyak mengandung fosfat akan terurai menjadi fosfat organik melalui bantuan bakteri.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    pc yarn rate
  1. Loncat ke P.C. Combed - PC. A. A. SML Carded