Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Daftar Sayuran-Sayuran Yang Memiliki Serat Yang Tinggi

Daftar Sayuran-Sayuran Yang Memiliki Serat Yang Tinggi – Selamat siang readers, apa kabarnya nih?

Semoga baik- baik saja yha! Mengenai sayur-sayuran tentunya menarik untuk dibahas yha.

Tapi readers tahu tidak sayuran apa saja yang memiliki serat tinggi?

Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini. Karena pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai sayur-sayuran yang memiliki serat tinggi.

Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Baca Juga : Cara Budidaya Sayuran Dalam Pot Untuk Pemula

Apa kegunaan dari serat?

Yang dimaksud dengan serat yaitu jenis zat yang terkandung dalam makanan misalnya buah dan sayuran yang berperan penting dalam pencernaa.

Serat sangat diperlukan untuk tubuh. Tubuh membutuhkan serat untuk membuat tubuh tetap sehat.

Kandungan serat dalam makanan dapat membantu proses metabolisme terutam untuk melancarkan pergerakan makanan dalam usus.

Usus membutuhkan serat untuk mengangkut bahan makanan lain dan menghasilkan tinja.

Apabila tubuh kekurangan serat maka pencernaan tidak bisa berjalan dengan baik dan juga dapat menimbulkan beberapa resiko penyakit.

Jenis serat

  • Serat yang larut dalam air

Serat ini merupakan jenis serat yang ada pada buah dan sayuran dengan bentuk seperti gel.

Serat ini memiliki manfaat untuk membantu tubuh dalam mengatur kadar kolesterol dan gula dalam darah.

  • Serat tidak larut

Serat jenis ini adalah jenis serat yang dapat ditemukan pada sayuran berwarna hijau dan juga sayuran padat.

Manfaat dari serat ini adalah membuat makanan bergerak cepat dalam usus sehingga membantu membuang sisa makanan yang ada dalam usu.

Serat tidak larut sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami gangguan sembelit.

Manfaat serat untuk tubuh

  • Menurunkan resiko penyakit jantung;
  • Menjaga kesehatan kulit;
  • Mencegah polip usu;
  • Mencegah wasir;
  • Membantu mengatur kadar gula dalam darah;
  • Membantu gerakan usus;
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh;
  • Menurunkan resiko diabetes;
  • Menurunkan resiko kanker;
  • Membantu tubuh mendapatkan energi;

Akibat kekurangan serat

  • Sembelit;
  • Kenaikan berat badan;
  • Kadar gula darah yang tidak stabil;
  • Gangguan pada pencernaan;

Daftar sayur-sayuran yang mengandung serat tinggi

  1. Kandungan serat pada wotel yaitu 4 gram per 100 gram wortel.
  2. Kandungan serat pada kentang yaitu sekitar 3 gram serat per 100 gram kentang.
  3. Kandungan serat pada bayam yaitu 2,8 gram per 100 gram bayam yang dikonsumsi.
  4. Kandungan serat pada kangkung yaitu sebanyak 2 gram per 100 gram kangkung.
  5. Kandungan serat pada seledri yaitu 1,5 gram per 100 gram seledri.
  6. Kandunga serat pada buncis yaitu 1,2 gram per100 gram.
  7. Kandungan serat pada brokoli yaitu 0,9 gram per 100 gram.
  8. Daun selada. Kandungan seratnya yaitu 0,6 gram per 100 gram.
  9. Kandungan serat pada pare yaitu 0,9 gram per 100 gram.
  10. Kubis brussel. Kandungan serat pada kubis brussel yaitu 3,8 gram per 100 gram.

Nah readers, gimana? Menarik bukan informasi kali ini? Sekian dulu yha informasi kali ini. Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian.

Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran-sayuran yang berserat.

Baca Juga : Jenis-Jenis Sayuran Yang Baik Di Tanam Secara Hidroponik

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme