Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Daftar Pupuk Dasar Untuk Tanaman Cabe

Daftar Pupuk Dasar Untuk Tanaman Cabe – Walaupun rasanya yang pedas tapi bahan satu ini sudah menjadi pelengkap makanan yang wajib ada di setiap sajian masakan.

Oleh karenanya beberapa orang memutuskan untuk menanamnya di halaman belakang rumah agar tidak perlu membeli ke pasar.

Tapi menanam cabe pun tidak semudah yang kamu pikirkan lho. Ada aturan yang harus kamu lakukan agar tumbuhan kamu bisa tumbuh subur.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Layu Pada Tanaman Cabe

Untuk menanam cabe pun kamu memerlukan tanah yang subur agar nantinya tanaman cabe kamu bisa tumbuh maksimal, sehat dan tumbul lebat.

Belum lagi pupuk yang disebarkan pada tanaman harus lah sesuai dengan takaran. Yuk, intip daftar pupuk dasar untuk tanaman cabe kali ini.

Pupuk Kandang

Pupuk jenis ini telah menjadi pupuk andalan yang sering digunakan oleh para petani.

Pupuk kandang sendiri berasal dari kotoran hewan ternak yang telah difermentasi menjadi pupuk organik cair.

Biasanya pupuk ini akan diberikan pada masa tanaman cabe baru dipindahkan ke lahan bedengan bermulsa atau tanpa mulsa.

Ingat, untuk menggunakan pupuk kandang ini sebaiknya hanya diberikan pada tanaman yang baru dipindahkan.

Hal ini bertujuan untuk menyuburkan tanaman cabe itu sendiri agar lebih bagus. Disamping itu jika kamu memberikan pupuk anorganik di awal – awal penanaman maka akan berdampak pada kekeringan dan kelayuan pada organnya.

Pupuk anorganik ini terdiri dari urea, TSP, KCL dan masih banyak lainnya.

Pupuk Dolomit

Menurut situs kampustani pupuk dolomit merupakan salah satu jenis pupuk yang ramah lingkungan tapi memiliki kualitas tinggi.

Di dalamnya terdapat unsur hara magnesium serta kalsium yang berbentuk tepung.

Jadi pupuk dolomit sangat lah cocok untuk tanaman cabe agar tumbuh subur dan lebat serta berbuah banyak, karena bisa memperbaiki kualitas tanah yang memilki reaksi masam.

Ingat, tabur merata pada bedengan dengan mengikuti aturan yang sudah ada. Pemberian pupuk jenis ini harus lah disesuaikan dengan kebutuhan dan tergantung pada pH tanah.

Lakukan lah 7 hingga 10 hari sebelum penaburan pupuk kandang dan pupuk kimia lain.

Pastikan semua tanaman cabe tersiram pupuk dolomit hingga merata dan larut bersama tanah. Kemudian baru diberi pupuk dolomit.

Pupuk Boron

Pupuk boron atau disebut pupuk borax walaupun dibutuhkan tanaman cabe dalam skala kecil tapi sangat berpengaruh dalam kesuburan tanaman ini.

Manfaat yang disediakan oleh boron sendiri dapat menjaga tanah, air permukaan dan air tanah dari pengaruh zat berbahaya. Jadi pupuk jenis ini sangat cocok untuk tanaman cabe, karena selain dapat meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman dan hasil tanaman nanti, juga dapat memaksimalkan aktifitas mikro organisme dalam tanah.

Walaupun memang memiliki skala kecil tapi boron mempunyai peran yang sangat lah penting. Jika pupuk ini tidak diaplikasikan pada tanaman cabe maka akan berdampak kurang bagus, salah satunya saja buahnya berkulit kasar dan mudah keropos karena tingkat kematangan yang tidak maksimal.

Pupuk Kimia

Selain pupuk organik, para petani juga ada yang lebih memilih menggunakan pupuk kimia pada tanaman cabe.

Asal sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan maka tanaman kamu akan tumbuh optimal. Campuran pupuk kimia ini terdiri dari campuran TSP, KCL dan ZA yang sesusai dengan dosis dan perbandingan (2:1:1).

Campurkan semua bahan dan aduk rata lalu taburkan lah pada bedengan secara merata.

Ingat, penaburan ini hanya boleh dilakukan setelah penaburan pupuk kandang, yaitu 7 hingga 10 hari. Kemudian tutup menggunakan tanah dengan ketebal kurang lebih 5 cm.

Biarkan hasil taburan tersebut selama kurang lebih 10 hingga 15 hari sebelum pemasangan mulsa agar tanaman cabe tidak keracunan pupuk.

Baca Juga : Penyebab, Gejala dn Pengendalian Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Cabe

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme