Ciri-ciri Tanah Yang Subur

Pengertian Tanah Subur

Dalam pertanian, peranan tanah sangat vital sebagai penentu apakah budidaya tumbuhan akan berhasil atau gagal.

Hal ini dikarenakan tanah digunakan sebagai tempat tumbuh, sebagai tempat penyimpan unsur hara, udara, cadangan air, hingga sebagai rumah untuk mikroorganisme pengurai tanah.

ciri ilmu tanah

Sehingga dapat dikatakan, jika didalam tanah merupakan tempat terjadinya proses biologis dan kimiawi yang terhubung dalam satu siklus.

Dimulai dari sisa tumbuhan seperti ranting, daun, akar yang membusuk dan terurai berkat adanya mikroorganisme serta diubah menjadi bahan-bahan organik yang kemudian diserap oleh tumbuhan untuk proses pertumbuhan.

Sehingga tumbuhan akan terus tumbuh dan menghasilkan ranting, daun, dan buah baru.

Seiring semakin bertambahnya waktu dan tumbuhan tersebut semakin menua, maka bagian-bagian tumbuhan tersebut kembali terjatuh ke permukaan tanah sehingga membentuk sebuah siklus yang terus berulang-ulang.

Secara garis besar, yang dimaksud dengan tanah subur adalah kondisi atau keadaan dan kemampuan tanah untuk mendukung pertumbuhan tumbuhan dengan berbagai komponen yang terkandung didalamnya. Kandungan yang dimaksud ialah komponen seperti biologi, kimiawi, dan fisika.

Umumnya, banyak petani yang berpendapat jika kesuburan tanah sama dengan kesehatan tanah. Akan tetapi, pada kenyataanya antara kesuburan dan kesehatan tanah tidaklah sama.

Sebab, kesehatan tanah sudah sangat berbeda pembahasannya dari kesuburan tanah.

Hal ini, didukung dengan pengertian kesehatan tanah yaitu sebagai suatu keadaan atau kondisi tanah yang menjamin dan mendukung tumbuhan agar dapat tumbuh berkembang dengan maksimal tanpa adanya gangguan baik internal atau eksternal.

Tetapi secara keseluruhan, antara kesuburan tanah dan kesehatan tanah sangat sulit untuk kita bedakan.

Karena biasanya tanah yang subur dapat membuat tumbuhan tumbuh berkembang, dengan catatan tanpa adanya gangguan dari penyakit atau hama.

Agar tumbuhan dapat memanfaatkan peranan dan fungsi tanah secara maksimal, maka diperlukan tanah yang subur sehingga dapat menjamin pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan tersebut.

Karena kesuburan tanah sangat penting, sehingga sebelum melakukan program penanaman tumbuhan alangkah baiknya kita lakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah tersebut.

Ciri-Ciri Tanah yang Subur

Berikut beberapa ciri-ciri tanah yang subur

  • Mengandung biota-biota tanah seperti makrofauna, mikroflora, dan mikrofauna dalam jumlah besar atau banyak.
  • Mengandung bunga atau humus tanah yang terbuat dari bahan-bahan organik yang mati dan terurai, mulsa, kompos, kotoran hewan, serta lain sebagainya.
  • Memiliki kandungan campuran partikel tanah liat dan pasir dengan komposisi yang seimbang, karena tanah liat kaya akan mineral sedangkan pasir memungkinkan adanya drainase.
  • Memiliki tingkat pH yang netral.
  • Bertekstur lempung, daya hisap air yang baik, dan memiliki porositas.
  • Dapat ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan, baik yang sengaja kita tanam atau tidak sengaja kita tanam atau tumbuhan liar.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    stem cell cellmaxx
  1. stem cell cellmaxx