Siapakah yang layak memimpin DKI Jakarta 2017-2022?

View Results

Loading ... Loading ...

Ciri-ciri Bioma yang Terdapat Di Gurun

Pengertian Bioma

Bioma adalah ekosistem besar yang menempati daerah luas terdiri atas flora dan fauna yang khas.

Bioma merupakan ekosistem yang terbentuk karena adanya perbedaan letak geografis dan astronomi.

Pada umumnya, bioma terdiri atas produsen, konsumen, dan pengurai atau dekomposer yang di dalamnya terjadi siklus rantai makanan serta diawali oleh produsen berupa tumbuh-tumbuhan.

gurunn

Baca Artikel Lainnya :

Ciri utama bioma adalah adanya dominasi vegetasi tertentu pada suatu wilayah dengan kondisi iklim di sekitarnya. Dengan begitu, perbedaan atara bioma sangatlah jelas dari vegetasi yang tumbuh di dalamnya.

Pengertian Bioma Gurun

Bioma gurun adalah salah satu wilayah yang sangat kering dan panas. Bioma gurun banyak ditemukan di lintang bawah, antara tropic of cancer atau GBU (Garis Balik Utara) dengan tropic of Capricorn atau GBS (Garis Balik Selatan).

Angin dan sinar matahari yang ada di bioma gurun sering kali diatas rata-rata wilayah lain.

Karena memiliki panas dan kering yang berlebih, membuat tumbuhan atau hewan sulit bertahan hidup pada bioma gurun.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli geografi, menunjukan bahwa sepertiga atau hampir sekitar 70% wilayah bumi adalah bioma gurun. Beberapa bioma gurun yang memiliki ukuran besar antara lain adalah gurun sahara di Afrika yang memiliki luas sekitar 3,5 juta mil persegi dan gurun gobi di Asia.

Kedua gurun tersebut hanya mendapatkan curah hujan yang sangat rendah, berkisar antara 10 – 25 cm per tahun saja.

Sehingga, hampir dapat dipastikan tidak ada hujan di kedua gurun tersebut karena hujan hanya berasal dari kabut pada malam hari saja.

Umumnya, bioma gurun memilki dua titik ekstrem yang membuat tumbuhan dan hewan sulit untuk bertahan hidup.

Titik yang pertama adalah sangat panas, sedangkan titik kedua adalah sangat kering.

Meskipun sangat panas dan sangat kering, namun ketika matahari terbenam bioma gurun dapat berubah menjadi sangat dingin serta lembab.

Hal tersebut dapat terjadi karena pada bioma gurun hanya ada sedikit tumbuhan berkayu yang mampu bertahan hidup, sehingga tidak ada yang mampu mempertahankan panas. Perubahan suhu pada bioma gurun sangat berbahaya bagi manusia untuk menjelajahi gurun sendirian.

Ciri Bioma Gurun

Berikut beberapa ciri-ciri umum bioma gurun;

  • Memiliki curah hujan yang sangat rendah, kurang dari 200 mm per tahun dengan intensitas matahari yang sangatlah tinggi.
  • Tingkat penguapan lebih tinggi dari pada curah hujan.
  • Kelembapan udara sangat rendah.
  • Mengalami perbedaan yang sangat tinggi ketika siang dan malam hari. Pada siang hari dapat mencapai 47°c, sedangkan pada malam hari dapat berubah hingga dibawah 0°c.
  • Tanah sangat tandus seperti pasir karena tidak mampu menyimpan air.
  • Tumbuhan yang dapat tumbuh hanya tumbuhan dengan daun kecil dan berduri.

Adaptasi Tumbuhan dan Hewan pada Bioma Gurun

  • Tumbuhan

Agar dapat bertahan hidup, tumbuhan gurun harus beradaptasi dengan lingkungan atau menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitanya.

Beberapa adaptasi yang dilakukan oleh tumbuhan gurun antara lain adalah menyimpan air didalam daun dan batang, hanya memiliki beberapa daun untuk mengurangi proses penguapan, memiliki akar tunggal yang panjang untuk mencari air, hingga ada beberapa tumbuhan yang tertidur selama lebih dari setengah tahun dan kembali tumbuh saat air sudah tersedia di sekitarnya.

Contoh tumbuhan yang mampu beradaptasi di bioma gurun seperti kaktus dan pohon kurma.

  • Hewan

Sama seperti tumbuhan yang hidup di bioma gurun, hewan yang hidup di bioma tersebut juga melakukan adaptasi agar dapat tetap hidup. Namun jika pada tumbuhan mendapatkan air dengan mencari di dalam tanah, pada hewan mendapatkan air melalui makanan yang mereka makan.

Perubahan suhu pada bioma gurun ketika siang dan malam hari menjadi tantangan tersendiri bagi hewan gurun, agar dapat tetap melangsungkan hidup.

Beberapa adaptasi yang dilakukan oleh hewan gurun antara lain adalah membuat liang agar tidak terkena sinar matahari secara langsung, menghindari kegiatan saat siang hari, dan aktif mencari makan saat malam hari.

Contoh hewan yang mampu beradaptasi di bioma gurun seperti kodok gurun, rubah, tikus, kelinci, ular derik, landak, rusa, unta, dan monster gila.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme