Cara Sterilisasi Media Kultur Jaringan

Cara Sterilisasi Media Kultur Jaringan – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari cara sterilisasi media kultur jaringan.

Namun selain mempelajari cara sterilisasi media kultur jaringan, kita juga akan mempelajari cara sterilisasi alat-alat kultur jaringan.

Mari tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas bersama-sama.

Cara Sterilisasi Alat dan Media Kultur Jaringan

Alat-alat dan media yang digunakan untuk penanaman kultur jaringan harus dalam kondisi steril.

Baca Juga :

Beberapa alat-alat logam, gelas dan media lainnya dapat di sterilkan menggunakan proses autoklaf, sedangkan alat tanaman seperti pinset dan gunting dapat dilakukan sterilisasi menggunakan teknik pemanasan atau pembakaran dalam proses bacticinerator kusus untuk scapel.

Pada ujung gagang pinset dan gunting dapat dilakukan sterilisasi dengan teknik pemanasan, tetapi bagian yang tajam pada pinset dan gunting dapat menjadi tumpul jika dipanaskan dengan temperatur yang sangat tinggi.

Dengan demikian, untuk bladenya lebih baik di sterilisasikan dengan teknik pencelupan pada cairan alkohol ataupun larutan kaporit.

Alat dan Media Kultur Jaringan yang Perlu Di Sterilisasi

Alat-alat dan media yang perlu dilakukan sterilisasi sebelum penanaman antara lain gunting, pinset, kertas saring, gagang scapel, botol-botol kosong, petridish, jarum hingga pipet.

  • Autoklaf : Jenis autoklaf yang dapat digunakan untuk melakukan sterilisasi alat dan media ada bermacam-macam, dari yang sangat sedehana hingga yang programmable. Untuk melakukan autuklaf sederhana, kita dapat menggunakan uap dari pemanasan air yang ditambahkan dalam autoklaf. Untuk melakukan pemanasan air, dapat dilakukan dengan menggunakan kompor atau api busen. Dengan autiklaf sederhana, kita dapat mengatur tekanan dan temperatur yang berasal dari jumlah panas yang dihasilkan oleh api. Kelebihan proses autoklaf ini adalah sederhana, biaya sangat murah, dan tidak bergantung dengan listrik yang menjadi masalah utama di beberapa negara sedang berkembang. Namun proses autoklaf memiliki beberapa kekurangan seperti perlunya penjagaan dan pengaturan panas yang harus selalu dipantau saat dilakukannya sterilisasi.
  • Media dan Aquades : Selain alat, media dan aquades yang akan digunakan untuk kultur jaringan juga perlu di sterilisasi. Untuk aquades, kita perlu memasukkannya dalam wadah kecil berukuran 250 ml dan isi maksimal 100 ml. Hal ini bertujuan, agar proses sterilisasi lebih efektif. Untuk lama proses sterilisasi, sama seperti autoklaf yaitu sekitar 1 jam pada tekanan 17,5 psi.
  • Media Kultur Jaringan : Jaringan yang tidak mengandung bahan-bahan heat labile, perlu dilakukan steriliasasi menggunakan autoklaf selama 20 – 25 menit dengan temperatur sekitar 121 °C dan tekanan antara 15 – 17,5 psi. Setelah waktu yang diperlukan untuk melakukan sterilisasi media dan aquades sudah tercapai, usahakan untuk menurunkan tekanan secara perlahan. Sebab tidak diperkenankan untuk menurunkan tekanan secara mendadak, karena jika diturunkan secara mendadak cairan didalamnya akan tumpah atau bubble up.
  • Botol, Tabung Reaksi, dan Erlenmeyer : Umumnya untuk melakukan sterilisasi pada wadah yang digunakan untuk kultur jaringan, bisa di sterilisasikan menggunakan oven. Caranya dengan mencuci wadah-wadah tersebut hingga bersih, masukkan dalam oven, dan panaskan hingga sekitar 4 jam dengan temperature sekitar 140 °C. Setelah di sterilisasikan, maka wadah tersebut sudah dapat kita gunakan.
  • Enkas : Sebelum kita gunakan, enkas kultur jaringan perlu dilakukan sterilisasi dengan menggunakan hand sprayer yang berisisi spirtus atau campuran formalin 10% dan alkohol 70%, perbandingan tersebut yaitu 1 : 1. Setelah dilakukan penyemprotan, biarkan sekitar 10 menit dan setelah itu baru boleh kita pergunakan. Jika setelah disemprotkan lalu langsung kita gunakan dan terkena api dari spirtus, enkas yang baru disemprotkan dengan formalin alkohol atau spirtus dapat meledak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    domino q terpercaya motorqq
  1. 24 jam online siap melayani anda
  2. Ibc
  3. Ibc