Cara Stek Bunga Kertas Dengan Mudah

Cara Stek Bunga Kertas – Bunga kertas adalah jenis tanaman hias yang populer, tanaman ini memiliki bentuk kecil yang sukar tumbuh dengan tegak dan memiliki warna yang sangat beragam.

Tanaman bunga kertas ini berasal dari Amerika Selatan, yang banyak ditemukan di pekarangan rumah.

Pembudidayaan bunga kertas agar cepat tumbuh dengan baik sangat mudah untuk dilakukan.

stek-buga-kertas

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanam bunga kertas ini. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanam bunga kertas ini seperti dengan cara stek, atau teknik sambung putus.

Artikel Terkait :

Bunga ini dapat juga dilakukan dengan cara pembibitan, namun akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk penanaman bunga kertas ini harus dilakukan dengan menggunakan media tanah yang baik, subur, gembur, memiliki ph normal dan mengandung unsur hara yang baik bagi pertumbuhan tanaman bunga kertas.

Sebelum melakukan penanaman bunga kertas perlu diketahui bahwa bunga kertas ini memiliki karakteristik dan ciri – ciri khusus yang sangat banyak disukai peminatnya bahkan terutama karena bunga kertas ini memiliki warna yang sangat beragam, bentuk bunganya yang unik, dan mempunyai aroma ataupun bau yang sangat khas.

Bunga kertas atau yang juga dikenal dengan bougenville adalah salah satu tanaman hias yang banyak ditemukan tumbuh disekitar kita.

Bunga kertas ini mempunyai cara hidup yang unik, yaitu tumbuh dengan subur mengeluarkan bunga warna – warninya yang melimpah pada musim kemarau dan akan berguguran saat musim hujan.

Di akhir musim hujan akan tumbuh tunas – tunas baru yang siap tumbuh dan fenomena ini tentu saja akan menjadi pemandangan yang sejuk untuk dipandang. Yang uniknya lagi, bunga kertas dapat dikreasikan menjadi aneka bunga dan daun yang warna – warni berada dalam satu pohon bunga.

Caranya sangat mudah yaitu memberikan warna bunga dan daun yang berbeda pada sebuah pohon bougenville.

Bunga kertas ini banyak difavoritkan pecinta bunga untuk dijadikan sebagai koleksi tanaman hias mereka.

Salah satu alasan mengapa bunga bougenville banyak disukai adalah karena tanaman bunga kertas atau bougenville ini dapat ditanam dengan cara yang begitu mudah. Juga untuk cara merawat bunga ini pun tidak begitu ekstrim.

Namun jika melihat hasilnya maka bunga bougenville ini akan memberikan sebuah pemandangan bunga yang sangat menakjubkan.

Selain itu memberikan pemandangan yang begitu indah dan menakjubkan, bunga bougenville bisa dimanfaatkan sebagai hiasan rambut para pengantin, sebagai pewangi untuk relaksasi di spa-spa kecantikan lalu untuk di negara  seperti India dan Cina, bunga kertas ini banyak digunakan sebagai pelengkap pada saat upacara pemakaman.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak tanaman bunga kertas atau bougenville ini yaitu dapat dilakukan melalui stek batang.

Jika ingin mempunyai tanaman bunga kertas sendiri kemudian mengkreasikan warnanya, berikut ini adalah caranya.

  1. Pilihlah batang tanaman bougenville yang sudah dewasa atau sudah terlihat tua.
  2. Potong bagian batang tersebut dengan cara menyerong dan membentuk runcing.
  3. Lalu siapkan media tanam berupa tanah gembur yang sebelumnya telah dicampur dengan pupuk kandang. Kemudian masukkan campuran tanah tersebut pada pot yang berukuran sedang.
  4. Tancapkan batang bougenville yang dipotong tadi pada media tanam sedalam lebih kurang 10 cm. Agar tidak bergeser, maka patok dengan menggunakan bilahan bambu.
  5. Setelah itu letakkan pot pada tempat yang teduh dan tidak lembab atau kering. Sebaiknya letakkan di tempat yang tidak begitu lembab dan juga tidak begitu panas.
  6. Pada umumnya setelah selang 20 hari, maka batang bougenville tersebut sudah mulai mengeluarkan tunas – tunas mudanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme
    www.bandaraku.com unduh
  1. Lihat Cara Gampang Dapat Duit. Banyak Informasi Relevan di ZapMeta!