Cara Sambung Pucuk Tanaman Durian

Cara Sambung Pucuk Tanaman Durian – Ulasan berikut ini akan di jelaskan bagaimana cara melakukan sambung pucuk pada tanaman durian.

Untuk membuat bibit durian unggul agar cepat berbuah memerlukan waktu yang lama hanyan untuk sekedar bisa menikmati buah durian.

Biasanya membutuhkan waktu untuk menunggu hingga 10 tahun lamanya agar bisa menikmati buah dengan ciri mempunyai bau khas dan begitu menyengat ini, jika memanfaatkan biji buah durian secara langsung dijadikan sebagai bibit.

Meskipun demikian, sebenarnya masih terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bibit durian dengan kualitas unggul dan juga bisa cepat berbuah.

Artikel terkait :

Cara ini hanya membutuhkan waktu sedikitnya yang lebih kurang selama 3 tahun sampai pohon durian mulai berbuah. Cara ini sangat direkomendasikan, yaitu cara sambung pucuk.

Langkah – langkah cara sambung pucuk tanaman durian yaitu :

Langkah pertama untuk membuat bibit durian unggul yang cepat berbuah, sebagai langkah awalnya yaitu menyiapkan bahan – bahan, diantaranya :

  • Buah durian yang sudah dalam keadaan matang
  • Polybag, tanah, dan sekop
  • Trichokompos dan trichoderma
  • ZPT Organik, dan air

Langkah kedua

  • Pilihlah buah durian yang berukuran sedikit lebih besar dan sudah benar – benar dalam keadaan matang. Selain itu perlu diperhatikan secara baik dan benar buahnya, dan pilih yang tidak rusak.
  • Belahlah buah durian lau pisahkan daging buah durian tersebut untuk mendapatkan biji buah duriannya. Lalu yang akan disemai ke dalam polybag adalah biji durian yang sudah dipisahkan dagingnya.
  • Selanjutnya polybag yang sudah disiapkan lalu diisi dengan media tanam. Untuk komposisi dari media tanam ini dengan menggunakan perbandingan 1 : 1. Kemudian trichokompos dicampur menggunakan tangan dan aduk sampai merata. Sebaiknya tanah yang digunakan sebagai media tanam ini diayak terlebih dulu untuk mendapatkan tekstur yang halus.
  • Langkah selanjutnya adalah cara membuat bibit durian unggul yang cepat berbuah yaitu dengan menyemai biji durian tadi ke dalam polybag yang sebelumnya sudah diisi dengan media tanam. Jangan lupa untuk menyiapkan air, trichoderma dan juga ZPT Organik. Lalu campurkan semua bahan tersebut, aduk hingga benar – benar larut di dalam air setelah itu gunakan larutan ini untuk menyiram media tanam di dalam polybag.
  • Bibit durian tersebut nantinya akan siap untuk disambung pucuk setelah berumur kira – kira 15 – 20 hari yang dihitung mulai dari hari pertama kegiatan penyemaian dilakukan.
  • Pangkas bagian atas bibit durian yang sudah siap disambung pucuknya kemudian belah secara hati – hati dan perlahan pada bagian tengah batangnya. Hal ini perlu dilakukan dengan hati – hati karena pembelahan ini hanya boleh dilakukan dengan satu kali jangan sampai dilakukan berulang – ulang. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan pisau yang tajam, sangat direkomendasikan dengan menggunakan pisau cutter. Lakukan pembelahan batang hingga kedalaman sekurang – kurang nya sekitar 2 cm saja.
  • Kemudian carilah pohon durian yang pernah berbuah dan dalam kondisi sehat, seperti pohon durian jenis lokal ataupun pohon durian montong. Pilih dari salah satu dahan pohon buah durian itu untuk diambil bagian pucuknya. Lalu pada bagian bawah kedua sisi pucuk tersebut, dilancipkan dengan menggunakan pisau cutter yang panjangnya mengikuti belahan yang ada pada bibit batang di polybag.
  • Pucuk yang tadinya sudah dilancipkan, lalu semua daunnya dibuang dan tancapkan tepat di bagian belahan batang dari bibit durian pada polybag. Setelah itu ikat menggunakan tali plastik. Kemudian tutup permukaan dengan cara melingkarkan tali plastik sampai semua permukaan yang disambung pucuk tersebut menjadi tertutup rapat.

Langkah terakhir

Pada langkah ini tutup bibit durian tersebut menggunakan plastik, dengan ditelungkupkan dari arah atas ke bawah lalu pada bagian bawahnya diikat menggunakan tali plastik dan jangan ikat terlalu kuat agar nantinya bisa mengurangi penguapan pada bibit durian.

Setelah itu letakkan pada tempat yang tidak terkena hujan maupun langsung terkena cahaya matahari Lakukan penyiraman pada bibit setiap sore, saat sudah berumur 3 minggu plastik dan pengikatnya baru bisa dilepas.

Metode sambung pucuk dikatakan berhasil, jika batang tetap kelihatan hijau, tidak membusuk atau berwarna hitam dan coklat.

Jika cara sambung pucuk ini berhasil, maka siramlah bibit menggunakan air larutan ZPT Organik dan juga trichoderma 2 minggu sekali. Bibit akan siap untuk dipindahkan ke lahan yang lebih besar apabila telah berumur sekitar 3 bulan.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan juga pemeliharaan dengan baik hingga pohon durian hasil sambung pucuk ini berbuah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme
    fitting hdpe
  1. Jual Harga Murah & Diskon 30%. Pesan Sekarang!