Cara pengendalian hama dan penyakit tanaman petai

Cara pengendalian hama dan penyakit tanaman petai – Agroteknologi.web.id – Siapa yang tidak kenal yang namanya petai.

Buah satu ini memang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat, apalagi mengingat manfaat yang dimilikinya cukup banyak, dan bisa di konsumsi ketika masih mentah maupun sudah di olah.

Harga buah petai ini bisa di bilang lumayan mahal dengan rasa khasnya apalagi bisa dikatakan tanaman langka.

Baca Juga :

Oleh sebab itu sebagian petani memilih menanami kebun mereka dengan tanaman petai.

Tetapi, ketika penanaman berlangsung bisa jadi tanaman petai ini terserang oleh penyakit dan hama, sehingga mengakibatkan hasil panen tidak maksimal dan kerugian bisa saja terjadi.

Walaupun tanaman petai salah satu tumbuhan yang jarang terserang oleh hama dan penyakit.

Tapi ada beberapa hama yang menyerang tanaman petai ini, bahkan ada yang menyebabkan tanaman petai mati.

Xystrocera festiva Thoms

Salah satu hama yang dapat menyebabkan tanaman petai mati adalah hama penggerak batang (stamboorder) yang bernama Xystrocera festiva Thoms, mereka biasa menyerang tanaman petai yang tumbuh di dataran rendah.

Mereka menyerang batang tanaman petai bagian pokoknya dengan cara menggereknya.

Hama tersebut semakin lama akan semakin masuk ke dalam batang hingga bagian xylem.

Jika sudah masuk ke xylen dan rusak serta hama mengeluarkan kotorannya maka akan menghambat kegiatan  yang ada di tanaman petai, Air, garam mineral dan zat lainnya akan tidak bisa masuk dari akar menuju daun tanaman.

Parahnya jika hama ini mengeluarkan kotoran yang bersifat racun maka tanaman petai akan mengalami kematian.

Ulat

Hama selanjutnya yang menyerang tanamn petai adalah ulat dan larva ngegat  jenis nacoleia octasema yang akan meneyrang tanaman petai ketika umur masih muda.

Mereka akan berkembang biak ketika musim hujan tiba, si kupu – lupu dan ngenagat akan meletakkan telur mereka pada kulit buah petai yang masih muda.

Telur – telur tersebut akan menetas ketika berumur 4 -5 hari sehingga menjadi ulat dan menggerek kulit – kulit buah bahkan hingag memasuki biji buah petai.

Ketika buah petaitua yang terserang maka akan rusak biji – bijinya, sehingga ketika di jual di pasar harganya sangat murah.

Anda bisa menggunakan insektesida jika tanaman petai anda sudah terserang oleh kedua hama di atas, karena sangat sulit untuk diselamatkan tanaman petai ini ketika hama sudah menyerang.

Misalnya anda bisa menggunakan Basudin 60 EC, Agrothion 50 EC, dan Nogos 50 EC sesuai dengan takaran yang ada pada petunjuk untuk mencegah serangan penggerak batang yang di semprotkan secara teratur pada batang petai guna pencegahan.

Tetapi anda bsia menggunakan Dursban 20 EC, Elsan 60 dan Thiodan 350 EC sesuai takaran yang di semprotkan pada buah petai sejak buah petai terbentuk guna mencegah terjadinya serangan hama.

Jika anda melakukan budidaya secara benar, maka kemungkinan tanaman petai terserang oleh hama dan penyakit itu sangat kecil.

Dimulai dari pemilihan ibit yang tidak mengandung penyakit alias bibit yang bagus tahan penyakit hingga pemeliharaanya.

Anda harus memperhatikan lahan tanah yang digunakan harus benar – benar steril bersih dari tanaman pengganggu dan bibit yang ditanam benar  benar tumbuh denagn baik atau sehat.

Pastikan proses pemupukan, pengairan, penyiangan dan proses perawatan secara baik dan benar dan dilakukan secara periodik. Jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan sekitar tanaman petai ini tumbuh.

Gunakan juga insektisida dan pestisida secara teratur dengan menyemprotkannya pada tanaman petai guna menghindari terjadi serangan hama dan penyakit pada petai, lakukanlah secara periodik tetapi jangan berlebihan tapi sesuai dengan aturan penggunaan.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    open end
  1. open end
  2. souvenirulangtahunanak.com
  3. Aneka Jenis Perlengkapan Pesta Ada di Sini. Cek Sekarang!
  4. doyansakong dominoqiu
  5. Starwin menyajikan Permainan QQ Online Sebagai Agen Domino Terpercaya.