Cara pengendalian hama dan penyakit tanaman kecipir

Cara pengendalian hama dan penyakit tanaman kecipir – Kecipir adalah salah satu tanaman yang buahnya dimanfaatkan sebagai sayuran dengan kandungan yang bermanfaat, seperti protein.

Tanaman yang bisa saja ditemukan di pagar – pagar ini juga menjadi salah satu tanaman yang dibudidayakan oleh para petani mengingat adanya permintaan yang cukup banyak dari masyarakat.

Jika penanaman kecipir di pagar – pagar mungkin tidak membutuhkan perawatan khusus, sehingga tidak terlalu dipermasalahkan ketika mengalami penyerangan hama dan penyakit.

Artikel Terkait :

Tetapi, bagi tanaman kecipir yang dibudidayakan, mereka sangat memerlukan perawatan khusus agar tidak terjadi kerugian karena adanya hasil panen yamg tidak sesuai dengan perhitungan.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah perawatan tanaman kecipir agar terhindar dari para hama dan penyakit.

Karena ketika mereka terserang hama maupun penyakit akan merusak buah, bunga hingga tanaman kecipir itu sendiri.

Namun, jika tanaman kecipir tesebut sudah terserang hama maupun penyakit, maka anda harus melakukan pembasmian demi hasil kecipir anda banyak dengan kondisi yang bagus ketika panen.

Bagi anda yang masih belum mengetahui hama atau penyakit apa saja yang dapat menyerang tanaman kecipir, berikut ini akan saya jelaskan beserta cara pengendaliannya ketika tanaman kecipir tersebut suah terserang para hama dan penyakit.

  • Hama pada tanaman kecipir

Hama yang meneyerang tanaman kecipir ini adalah ulat keket ( Plusia ehaleites atau Chrydeixis).

Mereka dapat merusak daun yang m enyebabkan daun – daun tersebut habis dan hanya ntersisa tulang daunnya saja. Ulat keket ini juga merusak bunga dan buahnya sehingga pertumbuhannya menjadi tidak normal.

Jika tanaman kecipir anda terserang hama ini  maka anda harus melakukan penyemprotan secara kimia, yaitu menggunakan insektesida bernama Sumicidin 50 EC yang dosisnya sekitar  1 – 1,5 cc/ 1 air.

  • Penyakit pada tanaman kecipir

penyakit pada tanaman kecipir disebabkan adanya cendawan Worunella psophocarpi sehingga bisa rusak.

Jika cendawan ini menyerang buah kecipir, maka buah tersebut akan menjadi keriput, meringkel , ada bagian yang membengkak dan mengandung air. Karena kondisi tersebut, maka buah kecipir tersebut akan mudah sekali patah.

Apabila pucuk tanaman kecipir yang terserang, maka pembentukan bunga kecipir akan terganggu dan mengakibatkan hasil buah yang sangat berkurang.

Jika tanaman kecipir anda mengalami kondisi ini, maka anda harus memberantasnya dari cendawan worunella psophocarpi menggunakan fungisida Dithane M-45 dan dosisnya sesuaikan dengan pada kemasan.

Guna menghindari munculnya hama dan penyakit pada tanaman kecipir, maka alangkah baiknya ketika sebelum penanaman kecipir dilakukan pembersihan hingga benar – benar bersih pada lahan penanaman.

Pastikan pula bahwa rumput – rumput liar maupun tanaman – tanaman pengganggu lainya yang ada pada sekitar lahn sudah tidak ada lagi ketika akan penanaman.

Dengan begini akan mengurangi terjadinya pertumbuhan para hama dan penyakit ketika tanaman tumbuh.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lahan, seperti membersihkan lahan penanaman kecipir ketika ada rumput liar atau tanaman lain tumbuh di sekitar tanaman kecipir.

Anda juga harus menghilangkan tanaman kecipir yang sudah terserang hama dan penyakit agar tidak menyebar ke tanaman lain. Sehingga anda tidak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membasmi para hama dan penyakit.

Anda bisa melakukan penyemprotan menggunakan pestisida vondozeb dengan dosis sekitar satu sendok bercampur dengan air sebanyak 20 liter setiap semingu sekali sebelum kecipir berbunga hingga berbunga.

Lakukan penyemprotan yang sama setiap 3 hari sekali dan dosis yang diberikan juga sama.  Gunakan pestisida yang berebeda – beda guna menghindari hama ataupun penyakit kebal pada pestida tertentu.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    agen bola
  1. agen bola
  2. homecare jakarta
  3. Temukan Perawat Home Care Jakarta. ZapMeta Menawarkan Rangkuman dari 6 Mesin.