Cara Penanganan Pasca Panen Tanaman Buah Sawo

Cara Penanganan Pasca Panen Tanaman Buah Sawo – Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa mengonsumsi buah-buahan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Sehingga tentunya membuat banyak orang menjadi semakin suka untuk bisa melakukan budidaya dari buah-buahan.

Bukan hanya dari segi kesehatan namun dari segi ekonomi juga terlihat menguntungkan.

Apalagi apabila ditekuni dengan benar dan sesuai dengan ilmunya. Tentunya akan semakin menghasilkan sesuatu yang menguntungkan.

Artikel Lainnya :

Apalagi hari ini sudah banyak jenis buah yang bisa dipilih untuk dibudidayakan. Salah satunya adalah jenis buah Sawo. Dimana jenis Buah ini bukan hanya sehat namun juga memiliki rasa yang lezat.

Sehingga tidak heran apabila peminat Buah Sawo bisa dibilang cukup tinggi. Sesuatu yang kemudian membuat banyak orang berusaha untuk membudiayakan tanaman Buah Sawo.

Namun ternyata lepas dari budidaya ada satu proses yang juga tidak boleh dilewatkan penanganan pasca panen. Untuk itulah berikut ini akan dijelaskan cara penanganan pasca panen tanaman Buah Sawo:

Pilih Buah Sawo

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih buah Sawo yang terbaik. Pilihlah buah sawo dengan ukuran paling maksimal.

Dimana ukuran maksimal dari Buah Sawo akan menentukan kematangan dari buah Sawo itu sendiri.

Karena Buah Sawo yang telah tumbuh secara maksimal telah menandakan bahwa Buah Sawo tersebut telah matang dengan sempurna.

Sehingga tidak mungkin untuk tumbuh lagi. Malah apabila dibiarkan Buah Sawo yang sudah matang tersbeut bisa membusuk.

Gosok Kulit Luar Buah Sawo

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menentukan mana Buah Sawo yang telah matang adalah dengan menggosok kulit luar dari Buah Sawo.

Dimana hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kain yang bersih maupun menggunakan jari kulit.

Hal ini berguna untuk menentukan kulit Sawo yang telah matang. Dimana Buah Sawo yang matang akan membuat kulit luar yang digosok akan berubah menjadi merah.

Sedangkan Buah Sawo yang masih mentah akan menjadi berwarna hijau ketika digosok. Sehingga ini semakin memudahkan ketika pemilihan Buah Sawo nantinya.

Pemetikan Buah Sawo

Setelah mengetahi Buah Sawo mana yang matang maka langkah selanjutnya adalah dengan memetik Buah Sawo tersebut. Dimana hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Tergantung seberapa tinggi dan seberapa besarnya pohon Sawo yang dimiliki. Dimana Buah Sawo yang telah matang biasanya sangat mudah dipetik karena sudah tidak terikat terlalu kuat dengan pohonnya.

Sedangkan cerita lain akan dimiliki oleh Buah Sawo yang masih mentah. Dimana Buah Sawo yang masih mentah akan membuatnya sulit untuk bisa dipetik.

Selain itu Buah Sawo yang masih mentah akan meninggalkan sisa getah pada buahnya. Sesuatu yang tentunya harus dihindari ketika akan memetik Buah Sawo.

Perendaman Buah Sawo

Hal beriktunya yang patut untuk dilakukan setelah panen dari Buah Sawo adalah dengan melakukan perendaman. Dimana hal bisa dilakukan dengan menyiapkan sebuah bak besar yang diisi dengan air yang secukupnya.

Setelah itu masukan Buah Sawo yang tadi telah dipanen. Dimana hal ini berguna untuk membersihkan kulit dari Buah Sawo itu sendiri.

Sehingga nantinya Buah Sawo yang telah direndam akan lebih bersih dan juga bebas dari kotoran.

Pemeraman Buah Sawo

Buah Sawo yang telah dipetik dan dibersihkan maka langkah selanjutnya adalah pemeraman. Hal ini berguna untuk membuat Buah Sawo menjadi semakin matang dan juga sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    situs bola terpercaya
  1. situs bola terpercaya
  2. bola 168
  3. bola 168