Cara Mudah Mencetak Dokumen Melalui iPad

Cara Mudah Mencetak Dokumen Melalui iPad – Pada era pertama kali kemunculan iPad kepada masyarakat luas, sempat memberikan kritik dari pakar IT dan pengguna profesional dari sudut pandang komentator dan akhirnya menyimpulkan bahwa iPad hanya cocok untuk “fun” alias untuk bermain maen game, membaca artikel pada web site pilihan, atau browsing tetapi tidak dapat membantu banyak untuk bekerja. Ternyata sekarang ini iPad memiliki multifungsi sehingga penjualannya di Indonesia meningkat tajam !

Meskipun demikian secara fungsional iPad masih belum bisa menggantikan sepenuhnya system kerja dari sebuah notebook karena memang di iPad diproduksi tidak untuk dapat diinstall dengan Adobe CS, corel, localhost (apache) dll , bagi beberapa penggunanya, iPad memang lebih cocok sebagai pelengkap netebook yang hanya dipakai untuk mengetik dalam jumlah sedikit saja, presentasi dan nonton acara – acara favorit.

Nah, secara default, iPad tidak dilengkapi dengan aplikasi untuk kerja (office) tetapi bisa diinstall secara terpisah yang bisa anda dapatkan dengan mudah saat ini yaitu dengan membeli melalui itunes store dengan harga yang terjangkau yaitu 9.9 $ anda sudah bisa mendapatkan applikasi office. Sebagai user, kami dapat menyimpulkan bahwa 3 hal yang bisa dimaksimalkan dari iPad untuk menambah produktifitas kerja anda di kantor adalah sebagai berikut :

Jika anda sering menggunakan iPad untuk bekerja daripada berburu hiburan, mungkin terpikirkan oleh anda untuk membuat pekerjaan di kantor menjadi lebih efisien. Salah satunya adalah mencetak dokumen melalui perangkat buatan Apple tersebut. Nah, Apple menghadirkan sebuah solusi bernama AirPrint, dimana pengguna bisa secara langsung mencetak (print) dokumen langsung dari iPad asalkan dengan catatan, printer yang akan digunakan untuk mencetak harus mendukung AirPrint.

Pada umumnya kebanyakan printer sudah AirPrint – ready, seperti Epson, Canon, dan HP. Namun untuk memastikannya, anda bisa mengecek daftar printer yang sudah mendukung AirPrint melalui tautan terkait. AirPrint adalah salah satu teknologi yang memampukan printer terintegrasi ke perangkat. Anda tak perlu memasang (install) driver tambahan untuk tujuan agar iPad bisa tersambung ke printer. Dengan pengaplikasian AirPrint, anda bisa dengan mudah mencetak dokumen, web page, email, dan apapun langsung dari iPad.

Cara menghubungkan iPad dan printer adalah dengan menggunakan koneksi jaringan WiFi. Pilih dokumen atau apapun yang ingin dicetak, klik tombol “Share” di pojok kanan atas dan klik “Print”. Nama printer akan segera muncul. Selain AirPrint, anda juga dapat memanfaatkan alternatif, yakni Printopia dan Cloud. Berikut ringkasannya.

Printopia

Jika anda tidak memiliki printer yang mendukung AirPrint, cobalah menggunakan software atau cloud. Salah satunya adalah Printopia. Software ini dapat dipasang secara gratis atau berbayar sekitar US$ 20. Anda tinggal memasang software di MacOs lalu menghubungkannya dengan WiFi untuk mencetak dokumen. Mac dalam hal ini berfungsi aktif sebagai perantara file dari iPad ke printer sehingga anda tak perlu lagi memasang softwarenya melalui iPad.

Cloud

Google Cloud Print juga dapat berfungsi menjadi opsi bagi pengguna yang terbiasa dengan perangkat android. Dokumen bisa dicetak dengan printer non – AirPrint dengan sharing via Mac atau PC. Anda bia dengan mudah mengatur setelannya di peramban Chrome.

Berikut caranya :

  1. Buka Google Chrome di PC atau Mac,
    2. Klik tanda dot kecil di pojok kanan atas dan klik menu “Settings”,
    3. Selanjutnya, gulirkan ke bawah dan klik “Show Advanced Settings”,
    4. Gulirkan ke bawah hingga menemukan menu Google Cloud Print, klik “Manage”,
    5. Jika printer anda tak memiliki fitur konektivitas, pilih “Classic Printer” untuk terkoneksi ke computer,
    6. Pilih “Add Printer”, cek lis printer yang ingin ditambahkan,
    7. Klik “Add Printer”.

Jika muncul pesan berikut ini : “Thanks, you’re ready to go!”, dokumen anda akan segera dicetak dengan hasil yang menakjubkan. Sebagai catatan, tips di atas juga dapat bekerja untuk iPhone.

Selamat mencoba !

Baca Juga : Macam Konjungsi

Updated: May 6, 2019 — 3:34 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *