Cara Mudah Budidaya Jamur Kuping

Cara Mudah Budidaya Jamur Kuping – Mengonsumsi Jamur ternyata telah menjadi budaya sejak jaman dahulu.

Dimana pada masa kejayaan Mesir-lah yang pertama kali mengenalkan hal tersebut.

Hingga beratus-ratus tahun kemudian, hal tersebut masih dipertahankan. Bukan hanya karena jamur yang aman dikonsumsi memiliki rasa yang enak namun juga memiliki manfaat didalamnya.

budidaya-jamur-kuping

Baca Juga :

Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah terjadinya kanker. Sebuah manfaat yang tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja.

Untuk jamur yang aman dikonsumsi memang banyak sekali jenisnya. Salah satunya yang tidak bisa terlewatkan adalah jenis Jamur Kuping.

Selain karena memiliki rasa yang enak ternyata Jamur Kuping juga memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Sehingga banyak orang mulai tertarik untuk membudidayakan Jamur Kuping.

Namun masih sedikit orang yang mengetahui caranya. Berikut ini ada cara mudah budidaya Jamur Kuping:

Gunakan Bibit Terbaik

Tak ubahnya proses membudidayakan tanaman jenis apapun yang pertama kali harus dilakukan tentunya adalah menyiapkan bibit dari tanaman tersebut.

Dimana proses pemilihan bibit bisa dibilang adalah langkah yang penting sehingga diharapkan untuk tidak melakukan kesalahan pemilihan.

Karena apabila hal tersebut sampai terjadi maka efeknya akan terus terjadi bukan hanya ketika masa tanam namun juga ketika masa panen terjadi. Yaitu Jamur Kuping yang tidak sesuai ekspektasi.

Sehingga pemilihan bibit tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Untuk hasil yang terbaik gunakan atau pilihlah bibit jenis F4 yang telah siap pakai. Karena jenis bibit tersebut yang paling tepat demi hasil panen Jamur Kuping yang baik nantinya.

Siapkan Media Tanam

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah siapkan media tanam yang mendukung. Karena media tanam akan menentukan hasil dari panen Jamur Kuping nantinya.

Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan langkah maupun bahan yang harus dipersiapkan untuk menyiapkan media tanam terbaik untuk budidaya Jamur Kuping:

Siapkan Bahan Untuk Media Tanam

Bahan untuk media tanam yang dimaksud seperti siapkan serbuk gergaji kayu secukupnya. Dimana gergaji kayu ini harus terlebih dahulu diayak.

Setelah hal itu siapkan bekatul 10 hingga 15%, kapur CaC03 1 sampai 2% dan semua bahan tersebut lantas dicampur dengan air secukupnya. Karena air akan membuat bahan tersebut menjadi sempurna untuk medium tanam.

Media Tanam Melalui Proses Fermentasi

Setelah bahan-bahan untuk membuat media tanam tersebut telah dicampurkan bukan berarti, media tanam tersebut bisa langsung digunakan.

Karena nyatanya sebelum media tanam bisa digunakan harus melalui satu proses lagi yaitu proses fermentasi.

Dimana proses fermentasi ini berguna untuk menciptakan bakteri-bakter yang baik untuk perkembangan Jamur Kuping nantinya.

Sedangkan proses fermentasi sendiri biasanya membutuhkan waktu minimal 3 hari dan maksimal 5 hari.

Pembuatan Baglog

Setelah fermentasi berhasil dilakukan maka langkah selanjutnya adalah memasukan media tanam tersebut kedalam sebuah plastik khusus kedap udara. Setelah ratakan media tanah kedalam plastic tersebut sehingga menyerupai bentuk botol atau baglog.

Sterilisasi

Langkah sterilisasi berguna untuk membuang bakteri maupun mikroba kecil lainnya yang nantinya bakal menganggu pertumbuhan Jamur Kuping.

Sterilisasi dilakukan dengan cara penguapan terhadap media tanam tersebut. dimana suhu penguapan diharapkan berada pada kisaran 900 hingga 1000 celcius dengan rentang waktu enam jam.

Inokulasi

Langkah terakhir adalah memasukan bibit Tanaman jamur Kuping yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Selama proses yang disebut dengan inokulasi ini suhu ruangan harus dijaga dengan benar.

Panen Jamur Kuping

Ini tentunya adalah tahap yang paling dinantikan yaitu memanen. Tapi yang perlu diingat adalah waktu panen yang paling tepat adalah ketika usia tanaman Jamur Kuping 3 hingga 4 minggu.

Selain itu ketika mencabut Jamur Kuping harus hingga akarnya. Hal tersebut berguna untuk proses penanaman selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    www.onduvilla.co.id
  1. Cek Merek & Rangka Baja Ringan Aman -Garansi 10 Tahun,Harga Cek Disini!
  2. pesan cincin nikah
  3. Gratis Ongkos Kirim Hanya di LAZADA