Siapakah yang layak memimpin DKI Jakarta 2017-2022?

View Results

Loading ... Loading ...

Cara Meningkatkan Produksi Pohon Kelapa Sawit

Cara Meningkatkan Produksi Pohon Kelapa Sawit – Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memberikan manfaat sekaligus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Budidaya kelapa sawit ini sudah terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena dengan membudidayakan kelapa sawit, maka otomatis petani akan mendapatkan penghasilan.

produksi-kelapa-sawit

Apalagi harga TBS (Tandan Buah Segar) kelapa sawit ini kian hari mulai meningkat. Bayangkan saja jika memiliki banyak kebun sawit, tentu kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Artikel Terkait :

Namun sayangnya banyak para petani sawit yang mengalami kendala, yaitu hasil panen kelapa sawit kurang meningkat.

Lalu kira-kira bagaimana cara meningkatkan hasil panen buah sawit agar dapat memberikan keuntungan bagi para petani sawit?

Cara Ampuh Meningkatkan Produksi Buah Sawit Agar Hasil Panen Meningkat :

Pemupukan

Kelapa sawit akan tumbuh dan berkembang dengan baik jika diberi pupuk dengan dosis yang tepat. Jadi faktor yang menentukan keberhasilan budidaya kelapa sawit salah satunya adalah pupuk.

Jika tanaman sawit tidak pernah dipupuk, atau jarang-jrang memberikan pupuk, maka jelas produksi buah sawit akan menurun.

Tapi jika petani rutin memberikan pupuk, minimalnya 3 kali dalam setahun, maka dijamin buah sawit akan meningkat dan hasil panen tentu akan jauh lebih baik.

Untuk jenis pupuknya juga bermacam – macam, selain pupuk anorganik / kimia, perlu juga diberikan pupuk organik agar tanaman menjadi subur. Selain itu juga bisa menambahkan dolomit agar hasil panen semakin meningkat.

Adapun manfaat pupuk bagi tanaman sawit antara lain:

  1. Meningkatkan unsur hara pada tanah, sehingga dengan tercukupi unsur hara pada tanah, maka tingkat kesuburan tanaman kelapa sawit akan meningkat.
  2. Memproduksi buah lebih banyak dan lebih baik.
  3. Sebagai nutrisi bagi tanaman untuk berkembang dan menghasilkan buah

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat pupuk untuk tanaman kelapa sawit ini. Makanya kunci sukses budidaya kelapa sawit adalah memberikan pupuk sesuai dengan anjuran yang tepat, sehingga dengan memberikan pupuk yang tepat akan meningkatkan hasil produksi buah sawit yang di tanam.

Pemilihan jenis varietas kelapa sawit

Untuk meningkatkan hasil panen kelapa sawit tidak cukup dengan pupuk saja, tetapi jenis atau varietas kelapa sawit juga menentukan keberhasilan budidaya kelapa sawit yang di budidayakan.

Jadi sebaiknya untuk memilih jenis kelapa sawit unggul dan berkualitas. Setelah semua cara telah di lakukan dengan benar, maka harapan untuk sukses budidaya kelapa sawit akan ada didepan mata.

Jika selama ini usaha yang telah dilakukan belum berhasil dalam pembudidayaan kelapa sawit, cobalah untuk menerapkan cara – cara yang telah disebutkan diatas. Atau bahkan selama ini pohon sawit yang anda tanam tidak mau berbuah

. Ada banyak penyebab kenapa kelapa sawit tidak mau berbuah. Apa sebenarnya penyebab kelapa sawit tidak mau berbuah? Penyebab utama sawit tidak mau berbuah terjadi karena dua faktor, yakni faktor eksternal dan faktor internal.

Faktor Eksternal merupakan faktor yang tidak berhubungan dengan pohon dan buah, yakni berasal dari luar tanaman,

Sedangkan Faktor Internal merupakan penyebab sawit tidak mau berbuah yang berasal dari dalam tanaman.

1). Faktor Eksternal

Kondisi lingkungan sangat menentukan dan mengatur siklus hidup tanaman, seperti tanaman sawit ini. Kondisi ini sangat mempengaruhi bunga dan buah.

Suhu

Suhu udara merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam mengatur pertumbuhan bunga dan buah sawit.

Variasi antara siang dan malam suhu atau fluktuasi yang ekstrim, atau suhu terus panas merugikan dan sangat mempengaruhi penyerbukan.

Misalnya, cuaca berawan pada tahap bunga mulai mekar mempengaruhi penyerbukan buah. Jadi faktor suhu isangat mempengaruhi proses pertumbuhan dari buah sawit.

Curah hujan

Curah hujan menjadi faktor yang penting untuk mempertahankan air tanah. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan kualitas buah – buahan khususnya buah kelapa sawit.

Jika tanaman sawit ini tumbuh pada curah hujan yang cukup, maka kelapa sawit akan berbuah dengan baik dan begitu pula sebaliknya.

Kelembaban tanah

Kelembaban tanah merupakan salah satu faktor yang mendorong tanaman untuk mem produksi buah-buahan agar lebih banyak. Kelembaban tanah yang berlebihan yang disertai kondisi kelembaban tanah yang tergolong rendah pada saat berbunga akan mendorong terbentuknya lapisan absisi.

Usahakan menanam sawit pada lahan yang tidak terlalu lembab dan sering terkena banjir karena dapat mempengaruhi pertumbuhan buah.

Nutrisi

Ketika gizi seimbang tidak diberikan, maka pertumbuhan dan perkembangan tanaman kelapa sawit tidak dapat sempurna. Ketidakseimbangan dalam nutrisi tentu menyebabkan bunga drop. Faktor nutrisi sangat penting dalam menghasilkan buah sawit yang baik.

2). Faktor Internal

Faktor internal yang menyebabkan sawit tidak berbuah adalah seperti ; kualitas bibit yang tidak baik, teknik penanaman yang salah, perawatan kurang intensif, dan sebagainya.

Jika para petani sawit berusaha menaman dan merawat tanaman sawit dengan baik, maka sawit akan berbuah dengan baik.

Jadi pada intinya untuk meningkatkan hasil produksi buah kelapa sawit yang baik dan benar, pupuk dan bibit yang paling dominan menentukan akan keberhasilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme