Cara Meningkatkan Produksi Pangan Pertanian

Cara Meningkatkan Produksi Pangan Pertanian – Bagaimana cara untuk meningkatkan produksi hasil pertanian khususnya pangan ?

Untuk meraih itu semua tentu saja akan membutuhkan lahan dengan produktivitasnya yang tinggi.

Karena hal yang perlu dilakukan guna mendukung ketahanan pangan adalah cukup memanfaatkan lahan pertanian yang ada dengan bijak dan sebaik-baiknya.

hasil-pangan

Kualitas atau produktifitas dari sebuah hasil pertanian akan menurun atau meningkat di pengaruhi oleh sumber daya petani serta kualitas bibit yang digunakan, apakah baik atau unggul.

Artikel terkait :

Selain itu ketersediaan luas lahan dengan produktivitasnya yang tinggi tersebut akan semakin berkurang akibat adanya persaingan penggunaan dari berbagai sektor.

Pemanfaatan lahan yang tidak memperhatikan aspek konservasi tanah dan air maka dapat mempercepat terjadinya degradasi lahan yang selanjutnya akan mengancam ketersediaan pangan.

Sehingga kesuburan tanah juga semakin berkurang karena dampak pupuk non organik yang selalu digunakan tanpa memikirkan dampak yang akan terjadin diwaktu yang akan datang.

Salah satu upaya yang tepat untuk meningkatkan produktifitas tanaman pangan adalah dengan cara meningkatkan kesuburan tanah serta bibit unggul dan melakukan pembudidayaan tanaman pangan dengan benar.

Karena pada dasarnya bertani itu tidaklah mudah, namun dengan adanya pengetahuan mengenai ilmu pertanian maka kegiatan bertani akan mudah dikerjakan.

Cara Meningkatkan Hasil Pertanian

Intensifikasi pertanian

Apa itu intensifikasi pertanian? Intensifikasi pertanian adalah salah satu cara pengolahan lahan pertanian yang sebaik – baiknya dilakukan guna untuk meningkatkan hasil pertanian dengan memanfaatkan beragam jenis sarana yang ada.

Cara intensifikasi pertanian ini termasuk salah satu cara yang banyak dipilih sebagai cara untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya di daerah Jawa dan juga pulau Bali.

Hal ini disebabkan, lahan pertanian yang ada di Jawa dan pulau Bali tersebut cenderung sempit.

Intensifikasi pertanian bisa juga dilakukan dengan cara menjalankan program panca usaha tani yang selanjutnya berlanjut dengan sapta usaha tani.

Berikut ini adalah langkah – langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian melalui program sapta usaha tani yaitu:

  1. Pengolahan tanah dan pengairan yang dilakukan dengan baik serta teratur
  2. Penggunaan bibit tanaman yang unggul
  3. Melakukan pemupukan secara teratur hingga menyerap ke bagian – bagian akar tanaman
  4. Langkah pemberantasan hama dan penyakit pada tanaman
  5. Pengolahan pasca panen

Ekstensifikasi pertanian

Apakah yang dimaksud dengan ekstensifikasi pertanian? Ekstensifikasi pertanian yaitu salah satu cara untuk meningkatkan hasil pertanian dengan jalan memperluas lahan.

Sebagai contoh bisa bisa dilakukan dengan membuka area hutan, memanfaatkan daerah – daerah sekitar rawa, membuka semak belukar dan lahan pertanian yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Bukan hanya itu, ekstensifikasi pertanian ini juga bisa dilakukan dengan membuka persawahan jenis pasang surut.

Cara meningkatkan hasil pertanian melalui ekstensifikasi pertanian yang satu ini adalah cara yang juga banyak dipilih dan dilakukan pada daerah – daerah  dengan penduduknya yang jarang seperti di pulau Sumatera, Kalimantan dan Irian Jaya.

Diversifikasi pertanian

Diversifikasi pertanian termasuk salah satu jenis usaha dengan cara memanfaatkan beberapa jenis produksi.

Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya ketergantungan pada salah satu jenis tanaman saja.

Terdapat 2 cara yang bisa dilakukan dalam diversifikasi pertanian ini yaitu dengan memperbanyak jenis kegiatan – kegiatan pertanian contohnya yaitu seorang petani tumbuhan pangan juga beternak lainnya seperti beternak ayam dan ikan.

Kemudian contoh kegiatan pertanian lainnya dengan memperbanyak jenis tanaman yang ada pada satu lahan yaitu menanam tanaman jagung dan padi pada satu ladang.

Mekanisasi pertanian

Mekanisasi pertanian adalah cara meningkatkan hasil dengan memanfaatkan mesin – mesin pertanian yang modern terutama untuk daerah yang lahan pertanian nya yang luas.

Rehabilitasi pertanian

Cara untuk meningkatkan hasil pertanian selanjutnya adalah melakukan rehabilitasi pertanian. Metode ini adalah sebagai cara untuk memperbaiki lahan yang awalnya sudah tidak menghasilkan lagi kemudian dilakukan sebuah upaya agar lahan tersebut kembali menjadi lahan produktif dengan mengganti tanaman yang mulanya sudah tidak lagi produktif atau menghasilkan dengan jenis tanaman yang produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    168bola.net
  1. Situs Tebak Skor Nomor 1 di Indonesia.