Cara Meningkatkan Hasil Produksi Tanaman Padi

Cara Meningkatkan Hasil Produksi Tanaman Padi – Cara meningkatkan hasil produksi tanaman padi sebenarnya sangat mudah jika kita mengetahui bagaimana caranya.

Padi sawah merupakan jenis padi yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat yang tinggal diwilayah dataran rendah Indonesia.

Pada umumnya wilayah Indonesia terdiri dari dataran rendah yang ditanami padi, sehingga Indonesia dikenal sebagai wilayah yang kaya akan hasil pertaniannya.

produksi-padi

Artikel terkait :

Tak ada petani yang tidak menginginkan hasil panen yang maksimal dan memuaskan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil produksi tanaman padi yang bisa dilakukan oleh petani.

Membudidayakan padi sawah sangat mudah dan menyenangkan, ditambah lagi saat padi tampak sudah mulai menghijau maka akan menjadi sebuah pemandangan yang indah sekali.

Terlepas dari itu semua, untuk meningkatkan hasil panen padi yang nantinya bagus dan terbaik, maka dibutuhkan kerja keras dan juga perawatan khusus dalam membudidayakannya. Terutama sekali untuk pengairan sawah.

Pengairan sawah juga harus diperhatikan dan dilakukan secara berkala dan saat ini pun pemerintah sudah memberikan suatu kemudahan bagi para petani dengan mengadakan irigasi yang berfungsi sebagai alat untuk mengairi sawah dan juga lahan pertanian lainnya.

Adapun trik atau cara meningkatkan hasil produksi tanaman padi, sebagai berikut:

Memupuk padi

Cara untuk meningkatkan hasil produksi tanaman padi atau panen padi sawah yang pertama adalah dengan pemupukan tahap awal.

Apabila padi telah selesai ditanam dan sudah berumur sekitar lebih kurang satu bulan, maka lakukan pemupukan untuk tahap awal. Karena dengan adanya kegiatan pemupukan tahap awal ini akan membuat padi menjadi cepat tumbuh dengan subur.

Perlu diperhatikan, bahwa dalam hal untuk pemilihan pupuk yang baik dan bersahabat, diperlukan ketelitian dan kejelian jangan sampai salah dalam memilih pupuk.

Membersihkan gulma yang ada disekitar padi

Cara untuk meningkatkan hasil produksi tanaman padi yang ke dua yaitu dengan rajin membersihkan gulma ataupun rumput liar yang ada disekitar padi agar tidak menggangu pertumbuhan padi.

Karena jika gulma tidak tumbuh disekitar padi, maka padi akan dapat tumbuh dengan cepat dan subur.

Membasmi hama dan penyakit

Cara untuk meningkatkan hasil produksi tanaman padi yang ke tiga dengan melakukan pembasmian hama penyakit pada tanaman padi sawah.

Jenis hama yang biasa menyerang padi sawah seperti hama wereng, walang sangit dan sebagainya. Gunakan produk pembasmi hama yang banyak dijual di toko – toko pertanian untuk membantu memberantas hama ini.

Pemupukan Tahap ke dua

Cara untuk meningkatkan hasil produksi tanaman padi yang ke empat adalah dengan melakukan pemupukan tahap kedua.

Pemupukan ini dapat dilakukan setelah padi berumur kira -kira 2 bulan atau saat padi mulai menghijau kemudian segera dipupuk lagi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman padi dan tentunya agar hasil panen nanti menjadi baik dan meningkat.

Menjaga tanaman padi

Cara untuk meningkatkan hasil produksi tanaman padi yang ke lima dengan selalu menjaga tanaman padi sawah dari berbagai ancaman seperti hewan peliharaan maupun hewan lainnya, terutama sekali saat padi mulai berbuah.

Inti dari kesuksesan dalam membudidayakan padi sawah adalah terletak pada perlakuan yang diberikan terhadap tanaman.

Jika kita rajin merawat dan melakukan hal – hal seperti yang telah disebutkan diatas, maka hasil panen padi sawah akan meningkat. Selain yang juga menjadi faktor kesuksesan yang kedua terdapat pada jenis bibit dan pupuk yang digunakan.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    aquatec.co.id link
  1. rumah apung
  2. aquatec.co.id coba disini
  3. keramba jaring apung