Cara Mempercepat Tumbuhnya Akar Pada Bibit Tanaman

Cara Mempercepat Tumbuhnya Akar Pada Bibit Tanaman – Akar adalah bagian tidak terpisahkan dari sebuah tanaman. Karena pada akarlah, tanaman akan mampu untuk bisa hidup untuk kemudian tumbuh.

Hal tersebutlah yang kemudian membuat salah satu cara mempercepat tumbuhnya suatu tanaman adalah dengan memperhatikan pertumbuhan dari akarnya.

Selain itu hal tersebut juga bisa digunakan untuk menanam dari bibit tanaman. Dimana seperti yang diketahui bahwa penanaman suatu tanaman sekarang sudah memiliki berbagai cara maupun opsi.

Baca Juga :

Diantara opsi tersebut juga bisa menggunakan bibit tanaman. Namun nyatanya penggunaan bibit tanaman juga bisa memiliki kelemahan.

Salah satu kelemahannya adalah lambatnya pertumbuhan akar dari bibit tanaman itu sendiri. Dimana hal tersebut, nantinya akan membuat pertumbuhan dari Bibit tanaman itu menjadi lama.

Karena harus menunggu akar untuk tumbuh dengan sempurna. Padahal sebenarnya ada beberapa cara untuk mempercepat pertumbuhan akar.

Dimana akar yang lebih cepat tumbuh tentunya juga membuat pertumbuhan dari tanaman itu sendiri menjadi lebih cepat. Untuk itulah berikut ini akan dijelaskan cara mempercepat tumbuhnya akar pada Bibit Tanaman:

Zat atau Hormon Auksin

Zat auksin adalah sebuah zat khusus yang membuat pertumbuhan di dalam akar bisa menjadi lebih cepat. Walaupun sebenarnya zat auksin ada di setiap kandung akar.

Sehingga bisa dibilang tiap akar pasti akan mengalami pertumbuhan selama memiliki zat auksi di dalamnya.

Namun apabila memang ingin menambahkan zat auksi tersebut bisa dilakukan dengan cara manual. Seperti menyuntikannya dengan zat auksi yang tersedia.

Dimana hal ini nantinya akan semakin menambah percepatan tumbuh dari akat bibit tanaman yang diinginkan.

Pengunaan NAA

Nyatanya NAA juga bisa mempercepat pertumbuhan akar dari bibit tanaman yang diinginkan.

Namun sebelum melakukan hal tersebut nyatanya ada beberapa catatan yang juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah bahwa tidak semua bibit tanaman cocok untuk digunakan NAA di dalamnya.

Dimana NAA ini hanya cocok digunakan untuk Bibit Tanaman hasil dari stek. Karena pada steklah zat NAA akan bekerja secara lebih maksimal tentunya.

Pemberantasan Hama

Hal selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan dalam percepatan akar adalah hama. Dimana hama ini seringkali menjadi penganggu pertumbuhan akar dari bibit tanaman.

Hal tersebut tidak lepas karena hama nantinya akan menganggu pertumbuhan dari akar yang sedang berkembang.

Bahkan tidak jarang, hama bisa membuat akar dari bibit tanaman yang sedang tumbuh bisa mati di tengah proses. Sesuatu yang tentunya tidak diinginkan. Untuk itulah pemberantasan hama tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja.

Sehingga harus diperhatikan dengan benar-benar bahkan juga dengan seksama. Hal ini bisa ditanggulangi dengan menggunakan beberapa bahan kimia yang mengusir jauh hama dari akar yang sedang tumbuh dari bibit tanaman.

Karena apabila sampai terlambat maka hama bisa membuat akar dari bibit tanaman yang sedang tumbuh bisa membusuk.

Sehingga nantinya akan membuat bibit tanaman itu akan mati. Walaupun sebenarnya akar dari bibit tanaman yang sudah terserang hama juga bisa distop dengan penggunaan pestisida dengan dosis yang tepat.

Berikan Vitamin

Langkah terakhir utnuk membuat akar dari bibit tanaman menjadi lebih cepat pertumbuhannya adalah pemberian vitamin. Dimana vitamin ini nantinya akan membantu perangsangan dari akar bibit tanaman.

Sehingga proses pertumbuhannya menjadi lebih cepat dan juga dengan hasil yang sempurna. Sedangkan untuk vitaminnya sendiri bisa memakai vitamin jenis B1.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    google indonesia
  1. google indonesia