Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Membuat Tanaman Berbuah Di Luar Musimnya

Cara Membuat Tanaman Berbuah Di Luar Musimnya – Sering kali menemui tanaman yang berbuah pada musimnya, seperti buah – buahan yang ada di daerah tropis, mereka akan berbuah pada musimnya saja sehingga hanya satu kali berbuah dalam setahun, sedangkan permintaan tetap ada meskipun bukan pada musim panen dari si buah tersebut.

Jika menyimpan hasil panen hingga musim berikutnya rasanya tidak mungkin, karena akan kesusahan dalam penyimpanan dan bisa jadi akan mengakibatkan kerugian besar.

Guna mensiasati hal tersebut, para ahli teknologi telah menemukan sebuah cara agar buah dapat berbuah di luar musimnya.

Menggunakan cara ini diharapkan mampu memenuhi permintaan pasar dan juga menguntungkan para petani, karena ketika buah di jual di luar musim panennya akan lebih mahal sehingga menguntungkan.

Syarat sebuah tanaman dapat tumbuh di luar musimnya adalah :

  1. Tanaman sehat

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah bahwa tanaman tersebut dalam kondisi sehat.

Ciri – cirinya adalah memiliki daun hijau tua yang mengkilap, percabangannya merata dan mereka tidak sedang terserang penyakit ataupun hama.

  1. Tanaman sudah cukup umur

Ciri dari sebuah tanaman cudah cukup umur adalah mereka pernah berbunga.

Namun jika belum pernah berbunga dan di paksa untuk berbuah di luar musim akan menyebabkan terganggunya proses pertumbuhan vegetatif dari sang pohon.

Tanaman akan tumbuh kerdil dan mereka akan menjadi tidak sehat.

  1. Tanaman tidak pada fase pertumbuhan

Sebaiknya tanaman dalam kondisi sedang tidak pada fase akselerasi pertumbuhan vegetatif yang di tandai dengan tidak ada munculnya  tanaman baru serta dedaunan baru atau pupu.

Berikut ini cara memuat tanaman berbuah di luar musimnya dengan memanipulasi fisik maupun kimiawi pohon, yaitu :

  1. Kerat

Proses ini dilakukan dengan cara mengerat kulit pohon atau pembuluh floem secara melingkar hingga terlihat kayu pohon atau pembuluh Xylem.

  1. Pruning

Proses ini dilakukan dengan cara memangkas cabang, ranting serta daun hingga si tanaman menjadi gundul.

  1. Pelukaan

Proses ini dapat dilakukan dengan cara melukai pembuluh floem menggunakan benda tajam. Misalnya dengan cara mengiris, mengerok, memaku atau mencacah.

  1. Pengikatan

Proses ini dapat dilakukan dengan mengikat erat pembuluh floem dengan kawat sehingga proses transpor hasil dari proses fotosintesis pada pembuluh floem  menjadi terhambat.

  1. Stressing air

Proses ini dilakukan dengan cara tidak menyirami tanaman sampai mencapai tik kelayuan permanen, baru setelah itu lakukan penggenangan perakaran dan pangkal batang secara tiba – tiba hingga jenuh air dengan tempo waktu tertentu.

  1. Penggunaan Zat Pengatur Tumbuh atau ZPT

ZPT sendiri berbeda – beda setiap tanaman, walaupun mereka mampu memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan beberapa tanaman secara signifikan. Berikut beberapa ZPT yang dipakai untuk menjadikan tanaman berbuah di luar musim adalah :

  • Auxin

Jenis ZPT dengan harga yang sangat mahal ini mampu membantu proses pembentukan bunga dan buah serta akar pada stek batang walaupun dengan dosis kecil.

Mereka juga mampu membantu memperpanjang titik tumbuh dan mencegah terjadinya gugur daun serta buah.

Baca Juga : Sejarah Penemuan Hormon Auksin

  • NAA

Naphthyl Acetic Acid (Asam Naftal Asetat) atau sering disingkat dengan NAA merupakan salah satu jenis ZPT yang mampu membantu proses pembungaan secara serempak.

Anda dapat menyemprotkan dengan konsentrasi 5 – 10 ppm ke seluruh bagian tanaman terutama bagian stomata daun yang mana terbukti dapat memunculkan bunga.

Pastikan pasca proses di atas, anda juga melakukan proses perawatan yang meliputi pengairan yang cukup, pemupukan yang tepat waktu dengan komposisi dan dosis yang sesuai, sanitasi lingkungan hingga pengendalian terhadap penyakit dan hama.

Hal ini harus anda perhatikan dengan seksama, karena proses metabolisme tanaman telah berubah dari vegetatif jadi generatif.

Baca Juga : Kelebihan Penggunaan Pupuk Daun Dibandingkan Pupuk Akar

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme