Cara dan tahapan membuat Sinopsis

Cara Membuat Sinopsis – Sinopsis, mendengar kata ini pasti tidak jauh-jauh dari buku, cerita atau karangan lainnya.  Sinopsis berasal dari kata sinopica yang artinya ringkasan, jadi sinopsis adalah ringkasan suatu karya atau gagasan/ ide yang ditulis dalam bentuk narasi.

Kali ini saya akan memaparkan cara dan tahapan membuat synopsis dari pengertian respirasi anaerob.

Pertama

Pilih  naskah atau sumber, bisa berupa jurnal penelitian atau buku  yang akan kita jadikan acuan dalam meringkas tentang pengertian respirasi anaerob.

Contoh : saya menggunakan 3 jurnal yakni

  1. 2015-Sains-Dasar-Biologi-Kimia-Metabolisme-Fotosintesis-dan-Respirasi-Sel
  2. Kondisi_Anaerob_pada_Respirasi_dan_Ferme
  3. respirasi

Kedua

Baca naskah asli yang sudah kalian kumpulkan terlebih dahulu untuk mengetahui bagian-bagian mana yang terdapat pembahasan respirasi Anaerob yang sama agar  kalian bisa membandingkan atau menyimpulkannya.

Ketiga

Catat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan-gagasan yang penting, atau langsung ditulis dibuku lain tidak masalah.

Contohnya :

Respirasi anaerob adalah respirasi yang tidak melibatkan oksigen. Pengertian respirasi dalam biologi adalah proses mobilisasi energi yang dilakukan oleh makhluk hidup dengan menggnakan pemecahan senyawa berenergi tinggi yang bergna untuk menjalankan fungsi hidup. Respirasi anaerob menggunakan pernapasan rantai transport elektron yang tidak membutuhkan oksigen. Agar rantai transport electron berfungsi, akseptor eksogen electron akhir harus tersedia supaya memungkinkan electron untuk melewati sistem

Keempat

Tulis ringkasan berdasarkan alur dan susunan yang lebih baik.

Respirasi anaerob merupakan proses biologi dengan mereduksi komponen-komponen organik pada kondisi terkontrol. Respirasi Anaerob termasuk respirasi selular dan dalam prosesnya tidak memerlukan oksigen dengan cara mereduksi komponen-komponen organik pada kondisi terkontrol. Pengertian respirasi dalam biologi adalah proses mobilisasi energi yang dilakukan oleh makhluk hidup dengan menggnakan pemecahan senyawa berenergi tinggi yang bergna untuk menjalankan fungsi hidup. Respirasi Anaerob dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Anaerob Obligat
  2. Anaerob Fakultatif

Kelima : Membandingkan Teks ringkasan dengan teks semula

Berikut adalah tips menulis sinopsis yang baik dan benar

  1. Anda tidak perlu menuliskan pendapat anda sendiri, cukup apa yang ada dalam buku atau jurnal yang sudah anda kaji
  2. Anda juga tidak perlu membuat kalimat-kalimat menggantung dan bikin penasaran, yang penting sesuai dengan isi dari buku tersebut, hanya saja lebih disederhanakan
Updated: May 8, 2019 — 3:03 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *