Cara Membuat Pupuk Phonska cair  

Cara Membuat pupuk Phonska cair – Pupuk merupakan sesuatu yang penting bagi tanaman karena tujuan dari pemupukan atau pemberian pupuk kepada tanaman adalah untuk memenuhi jumlah kebutuhan hara yang tidak sesuai di dalam tanah sehingga produksi tanaman pun meningkat.

Pupuk dapat mengembalikan unsur hara baik makro maupun mikro untuk memperbaiki struktur tanah.

Ada bermacam-macam jenis pupuk salah satunya adalah pupuk Phonska.

Baca Juga : Manfaat dan Peranan Pupuk Kompos

Pupuk Phonska merupakan salah satu jenis pupuk yang disubsidi oleh pemerintah sehingga harganya lebih murah dan dapat dijangkau oleh petani.

Pupuk Phonska memiliki beberapa unsur hara makro yaitu nitrogen, phosphor, kalium dan sulfur. Pupuk Phonska mulai diproduksi pada tahun 2000 awal dan dipasarkan di Indonesia pada bulan agustus tahun 2000.

Pupuk Phonska hanya bisa didapatkan oleh petani yang tergabung dalam kelompok tani yang sudah terdaftar. Pupuk Phonska termasuk ke dalam golongan pupuk anorganik.

Pupuk Phonska memiliki beberapa sifat yaitu pupuk phonska berbentuk butiran (granul) berwarna merah jambu/pink, bersifat higroskopos sehingga mudah larus dalam air, pupuk Phonska mudah diserap oleh tanaman, dan memiliki kandungan unsur hara yang lengkap. Pupuk Phonska memiliki banyak manfaat yaitu sebagai berikut ini :

  • Pupuk Phonska dapat membantu memperbesar buah, umbi dan biji
  • Pupuk Phonska dapat meningkatkan protein dalam tanaman
  • Memacu pertumbuhan akar tanaman
  • Tanaman akan jauh lebih lebat dan hijau
  • Menguatkan batang tanaman sehingga tidak mudah roboh
  • Pupuk Phonska dapat memperlancar proses pembentukan gula dan pati

Organ tanaman seperti akar, batang, daun, bunga dan buah akan lebih cepat untuk tumbuh jika diberikan larutan pupuk Phonska cair.

Pada umumnya, petani cabe misalnya, memberikan pupuk Phonska yang sudah dicairkan dan disiriamkan tepat di bagian akarnya.

Penggunaan pupuk phonska cair sangat cocok untuk tanaman semusim misalnya cabe dan sayuran lainnya. Dengan pupuk Phonska cair tanaman akan menghasilkan lebih baik dan dapat menghemat biaya.

Larutan pupuk Phonska cair dapat dengan mudah dibuat oleh siapa saja, berikut ini adalah langkah-langkah membuat pupuk Phonska cair :

  • Sediakan pupuk anorganis lainnya seperti pupuk SP sebanyak 1 kg, pupuk KCL sebanyak 1 kg dan pupuk phonska sebanyak 2 kg.
  • Lalu tahap selanjutnya adalah menyiapkan air bersih sebanyak 1 ember besar untuk nantinya dicampurkan ke pupuk.
  • Lalu, campurkan air bersih tersebut dengan takar 8 liter ke dalam ember lainnya lalu masukan juga pupuk SP 1 kg, pupuk KCL 1 kg, pupuk Phonska 2 kg, lalu aduk dengan rata sampai semua pupuk dan air tercampur dan larutan phonska siap digunakan untuk tanaman.

Setelah larutan pupuk Phonska berhasil dibuat, maka anda bisa mengaplikasikan ke tanaman, berikut ini adalah tahapan-tahapan yang terbaik untuk memberikan larutan Phonska cair tersebut kepada tanaman agar pupuk dapat berfungsi maksimal terhadap tanaman :

  • Campurkan 1 liter dari 8 liter larutan Phonska dengan air bersih sebanyak 20 liter. Tujuan pengenceran larutan Phonska dengan air adalah agar ketika diberikan pada tumbuhan akarnya tidak panas dan tidak gampang mati
  • Lalu masukan larutan Phonska cair tersebut ke dalam alat penyemprot tanaman dan semprotkan cairan pupuk Phonska tersebut ke bagian akar tanaman.

Itulah informasi mengenai pupuk Phonska dan bagaimana membuat larutan Pupuk Phonska cair.

Semoga dapat menjadi panduan bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri.

Baca Juga : Metode dalam Membuat Pupuk Kompos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme