Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya Tanaman Hias Lavender

Cara Budidaya Tanaman Hias Lavender – Lavender merupakan salah satu tanaman bunga yang indah yang berwarna ungu, tanaman lavender atau Lavandula adalah salah satu jenis  genus tanaman berbungan yang tersusun atas 25-30 spesies yang berasal dari suku Lamiaceae.

Bunga lavender berasal dari wilayah selatan laut tengah hingga Afrika tropis dan juga timur sampai ke India.

Selain itu, bunga lavender termasuk jenis tumbuhan menahun yang bisa berbunga setahun sekali dan dari jenis tumbuhan rumput-rumputan karena bisa di temukan secara liar di luar daerah asalnya.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Geranium

Bunga indah ini banyak di jadikan sebagai tanaman hias dan juga telah banyak di budidayakan, karena bunga nya yang sangat harus berwarna ungu serta berkhasiat untuk mengusir nyamuk.

Oleh sebab itu, bunga lavender sangat di sukai oleh semua orang sehingga banyak yang membudidayakan dan juga memiliki keuntungan karena banyak yang mencarinya.

Namun, jika ingin membudidayakan bunga lavender sebaiknya mengetahui beberapa tips agar pembudidayaan bunga lavender berjalan lancar dengan menghasilkan bunga yang bagus.

Cara Budidaya Bunga Lavender

  1. Mencari lokasi untuk budidaya bunga lavender

Lokasi atau tempat merupakan salah satu factor yang harus di perhatikan untuk memulai menanam bunga. Karena bunga lavender merupakan jenis tanaman mediterania yang mudah tumbuh dan berkembang di wilayah panas dengan sinar matahari langsung.

Maka pilihlah lokasi seperti tempat terbuka di mana tanaman tersebut bisa menerima sinar matahari selama 8 jam dan bisa terlindung dari angin di musim dingin.

Bisa di tanaman di lahan luas atau bisa pula dengan memanfaatkan pot atau polybag dengan pelindung seperti atap yang bisa di buka tutup.

  1. Keadaan tanah

Tanah merupakan salah satu media tanam sebagai penunjung dalam pertumbuhan tanaman.

Untuk bunga lavender sebaiknya di tanam di atas tanah yang memiliki daya serap bagus yang tidak ada air tergenang. Selain itu tanah juga harus bersifat rungan dan halus serta memiliki oksigen agar tanaman lavender bisa tumbuh dengan optimal.

Oleh sebab itu sebaiknya sebelum menanam bunga lavender tanah harus di campur dengan sedikir pasir.

Jika tanam di dalam pot maka bisa mecampur media tanam selain tanah seperti tambahan pasir atau sekam yang memiliki penyerapan bagus.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Bunga Cornflower

  1. Memilih jenis tanaman lavender

Setiap daerah tentu saja memiliki iklam yang berbeda-beda. Oleh sebab itu jika ingin membudidayakan bunga lavender sebaiknya memiliki jenis bunga lavender yang cocok di tanam di daerah tersebut.

Biasanya banyak sekali penjual bibit bunga lavender yang di jual sesuai dengan kondisi daerah tersebut. Bunga lavender jenis Mustead dan Hidcote merupakan jenis lavender yang memiliki daya tahan.

Jika ingin menanam bunga lavender dari bibit nya maka di perlukan kesabaran karena  bibit membutuhkan waktu selama 30 hari untuk berkecambah.

  1. Cara menanam bunga lavender

Untuk budidaya bunga lavender terleih lagi jika untuk di jual kembali sebaiknya di tanam dengan menggunakan pot yang telah di isi oleh media tanam dan juga campuran pupuk kompos dan pilihlah jenis pot yang besar.

  1. Penyiraman

Tanaman lavender sama hal nya dengan tanaman lain yang perlu di siram air, karena tanaman ini tidak suka air tergenang maka bisa di siram pagi dan juga sore.

  1. Pemangkasan

Bunga lavender yang semakin tumbuh bisa di pangkas untuk merangsang pertumbuhan tunas baru. Sebaik nya selalu di cek secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada hama yang biasanya terdapat di daun lavender.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Hias Cornflower

Loading…

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme