Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Cara Budidaya Tanaman Flame Moss

Cara Budidaya Tanaman Flame Moss – Cara  budidaya tanaman flame moss atau yang biasa dikenal juga sebagai tanaman lumut air yang mudah dan praktis, panduan nya  adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertimbangkan didalam memilih ukuran akuarium

Anda dapat  menggunakan berbagai jenis aquarium apa saja. Hanya saja yang perlu di catat adalah, didalam  memilih ukuran  sebaik nya menggunakan  akuarium ukuran 30 cm agar anda dapat lebih mudah untuk menikmati keindahan dari flame moss tersebut.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Geranium

  1. Pertimbangkan didalam melakukan pemilihan air yang akan dipakai

Disarankan agar anda menggunakan yang bersih yang tidak terkontaminasi kuman penyebar penyakit, agar  tanaman dapat mudah tumbuh secara maksimal dan berkembang dengan baik.

  1. Pertimbangkan tingkat pencahayaan yang akan dipakai

Tanaman flame moss ini akan  dapat tumbuh dengan baik  apabila anda dapat mengatur level tingkat pencahayaan yang akan digunakan.

Contohnya, jika anda menggunakan ukuran tank  30 cm, maka daya lampu yang digunakan sebaik nya dengan ukuran 11 watt.

Flame moss akan dapat berkembang dengan  lebih baik jika anda melakukan suatu proses fotosintesis secara tepat.

Dengan kata lain, semakin baik  pengaturan pencahayaan yang digunakan, maka semakin cepat  tanaman akan berkembang. Karena pada dasar nya Flame moss sangat menyukai keberadaan cahaya.

  1. Pertimbangkan faktor pemupukan dan CO2

Pertumbuhan flame moss akan jauh lebih cepat jika anda menggunakan  pemupukan danCO2 didalam melakukan proses penanaman nya, dikombinasikan dengan tingkat pencahayaan yang maksimal. Metode ini akan membuat flame moss tumbuh secara  sehat dan rimbun.

  1. Pertimbangkan faktor suhu air yang digunakan

Flame moss akan tumbuh lebih subur  dan rimbun pada suhu yang lebih rendah dan sejuk. Sebaik nya gunakan suhu  di bawah 28 derajat C. walaupun ada sebagian jenis flame moss seperti java moss yang tetap harus ditanam  pada suhu diatas 30 derajat C.

  1. Pertimbangkan faktor penataan atau aquascaping

Flame moss memiliki  bentuk keindahan yang akan terlihat sempurna jika dirangkai  pada benda lain seperti driftwood atau batu yang akan menjadi sebuah latar didalam aquarium.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Bunga Cornflower

  1. Pertimbangkan untuk dapat menempelkan Flame moss pada benda lain

Sifat epifit yang dimiliki oleh flame moss akan membuatnya mudah menempel pada benda  atau objek lain yang mempunyai serat akar kuat. Contoh nya pada kayu ataupun batu.

Pada umum nya Flame Moss yang sudah di ikat  dengan benang dan menempel pada objek tertentu akan mulai  tumbuh  dan berkembang dalam waktu sekitar 14 hari dan akan mulai menyebar.

  1. Sebaik nya lakukan pembersihan flame moss secara berkala

Flame moss adalah salah satu tanaman air yang sifat nya bekerja sebagai filter yang baik untuk dapat berfungsi sebagai alat penangkap kotoran.

Tetapi disisi lain, hal ini akan dapat menjadi masalah jika tanaman tidak langsung di bersihkan secara berkala dari berbagai kotoran yang terjebak didalam tanaman tersebut.

Beberapa jenis alga jahat  dapat t menumpang umbuh didalam nya, yang akan dapat menyebabkan berhenti nya pertumbuhan dari Flame Moss. Gunakan jari jemari anda untuk membersihka  semua kotoran yang terjebak di dalam Flame Moss, atau saat anda hendak mengganti air dari aquarium.

  1. Lakukan trimming atau pemangkasan flame moss secara rutin

Dengan melakukan pemotongan  atau trimming dan membersihkan sisa potongan tersebut dari flame moss, merupakan salah satu tips ampuh didalam upaya untuk dapat menambah kesuburan tumbuhan ini.

  1. Hindari Adanya Pertumbuhan Alga 

Agar alga dapat di kendalikan pertumbuhan nya, upaya untuk  tetap dapat mengatur adanya kadar CO2 di dalam aquarium sangat disaran kan.

Dan jangan lupa untuk dapat selalu rutin didalam membersihkan semua jenis alga yang bersifat parasit, agar pertumbuhan Flame Moss tidak terganggu.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Hias Lavender

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme