Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Berikut Proses dan Tahapan Perkembangbiakkan Pohon Pisang

Berikut Proses dan Tahapan Perkembangbiakkan Pohon Pisang – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari proses dan tahapan perkembangbiakkan pohon pisang.

Namun sebelum mempelajari proses dan tahapan perkembangbiakkannya, kita akan mempelajari pengertian dari pohon pisang terlebih dahulu.

Mari tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas satu per satu.

pisang-perkembangan

Baca Juga :

Pengertian Pohon Pisang

Pohon pisang merupakan nama atau istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan tanaman raksaksa, dengan daun yang besar dan memanjang dari suku musaceae.

Tanaman ini menghasilkan buah yang dinamakan sama dengan pohonnya dan dapat dikonsumsi oleh manusia. Buah pisang tersusun atas tandan, dengan kelompok-kelompok yang tertata menjari dan sering disebut dengan sisir.

Umumnya, buah pisang akan berubah warna menjadi kuning ketika matang. Namun ada juga yang berwarna hijau, merah, jingga, ungu, dan hitam sesuai dengan jenis tanaman pisang tersebut.

Pisang adalah tanaman asli dari daerah Asia Tenggara, termasuk dalam tanaman serba guna, dan banyak ditemukan di daerah-daerah beriklim tropis seperti di Indonesia.

Di Indonesia tanaman pisang banyak dibudidayakan, sehingga Indonesia menjadi salah satu penghasil pisang terbesar di Dunia.

Setiap tahunnya, produksi pisang terus meningkat dan mayoritas budidaya terbesar berada di pulau Jawa.

Tanaman pisang dapat mencapai ketinggian maksimal hingga 3 m, batangnya berupa batang semu berpelepah hijau hingga coklat, memiliki jantung yang merupakan bunga dengan warna merah tua dan di dalamnya terdapat bakal pisang.

Habitat utama tanaman pisang adalah daerah beriklim tropis, memerlukan sinar hari yang panjang, dapat tumbuh dengan pasokan air yang minim, dan dapat tumbuh hingga ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut.

Buah pisang biasanya dimakan saat masih segar atau bisa juga dimakan setelah diolah seperti dijadikan kolak, selai, keripik, hingga tepung pisang.

Dalam dunia kesehatan, pisang mampu memberikan nutrisi yang luar biasa bagi tubuh manusia.

Selain buah ternyata akar, batang, jantung, daun, dan bonggol juga dapat digunakan untuk menjaga tubuh manusia dari serangan penyakit.

Klasifikasi Pohon Pisang

Berikut klasifikasi dari tanaman pisang

  • Kingdom : Tumbuhan (Plantae)
  • Super Divisi : Tumbuhan Menghasilkan Biji (Spermatophyta)
  • Sub Kingdom : Tumbuhan Berpembuluh (Tracheobionta)
  • Divisi : Tumbuhan Berbunga (Magnoliophyta)
  • Kelas : Monokotil (Liliopsida)
  • Sub Kelas : Commelinidae
  • Ordo : Zingiberales
  • Famili : Suku pisang-pisangan (Musaceae)
  • Genus : Musa
  • Spesies : Musa paradisiacal

Proses dan Tahapan Perkembangbiakan Pohon Pisang

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika pohon pisang berkembangbiak dengan cara menghasilkan anak pisang atau disebut dengan tunas. Umumnya, tunas pisang akan tumbuh dekat dengan induk pohon pisang.

Tunas pisang yang masih baru, dinamakan dengan individu baru. Tanaman pisang akan menghasilkan tunas, selanjutnya tunas inilah yang akan tumbuh menjadi pohon pisang. Tunas ini berasal dari tunas ketiak yang ada di dalam tanah.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme